KH Raden As'ad Syamsul Arifin Inspirasi Sang Perintis (II)

Jumat , 27 Aug 2021, 21:30 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

IHRAM.CO.ID,  KH Raden As'ad Syamsul Arifin merupakan salah seorang perintis Nahdlatul Ulama (NU). Dialah yang mem perantarai komunikasi antaralim-ulama terkemuka, demi membentuk organisasi tersebut.

 

Terkait

Salah satu keistimewaannya adalah, dia dipe caya KH Kholil Bangkalan untuk menyam paikan tongkat dan tasbih kepada KH Hasyim Asy'ari sebagai tanda direstuinya pembentukan NU. KH Hasyim Asy'ari kemudian menugaskannya, bersama dengan KH Mahfud Siddiq dan KH Asnawi, untuk mengabarkan kepada seluruh ulama Jawa agar menghadiri pertemuan akbar pendirian NU di Surabaya.

Baca Juga

Sejak saat itu, KH As'ad selalu terpilih sebagai penasihat (mustasyar) dalam setiap muktamar NU. Wibawa KH As'ad begitu masyhur di kalang an NU maupun Muslimin pada umumnya. Dia dikenal sebagai pribadi yang tidak tergoda jabatan dan kekayaan.

Jalan hidupnya adalah zuhud. Dia juga mengamalkan pola hidup sehat dan terjaga. Jelang Muktamar NU ke-27 pada 1984, nama KH As'ad kian populer. Pesantrennya akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan acara tersebut.

Sejarah mencatat muktamar ini sebagai jalan bagi NU untuk kembali ke khittah 1926. Artinya, organisasi ini kembali mantap da lam bidang sosial keagamaan, alih-alih terjun ke politik praktis. Salah satu pendukung gigih khittah tersebut adalah KH As'ad. Dia pula yang menjadi ketua tim Ahlul hall wal 'Aqd, yakni bertugas menentukan siapa ketua Pengurus Besar NU.