Manzikert, Pertempuran yang Mengubah Sejarah Anatolia

Sabtu , 28 Aug 2021, 03:55 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Pertempuran Manzikert (ilustrasi)
Pertempuran Manzikert (ilustrasi)

Salah satu dampak penting dari kemenangan di Manzikert yang mengubah sejarah dunia Islam dan Kristen adalah dimulainya Perang Salib melawan dunia Islam dan berlanjut selama 170 tahun.

 

Terkait

Terlepas dari perselisihan doktrinal antara Paus Katolik di Roma dan Gereja Ortodoks di Konstantinopel, Eropa memandang Kekaisaran Roma Timur sebagai penjaga gerbang timur ke Eropa dan benteng pertama melawan Muslim. Barat mulai berpikir untuk mengulurkan tangan membantu negara Romawi Timur pada awalnya melawan Muslim, dan kemudian Eropa mulai berpikir untuk menyerang Timur Islam itu sendiri.

Pada 1095, Paus Urbanus II, yang bercita-cita menjadi satu-satunya pemimpin dunia Kristen, mengadakan konferensi ekstensif di kota Clermont Prancis di mana ia meminta raja, pangeran, dan rakyat jelata untuk memimpin secara militer ke Timur Islam, di permintaan Kaisar Roma Timur Alexios Komnenos. Paus menugaskan biarawan Peter the Hermit untuk melakukan tur ekstensif di Eropa untuk memotivasi orang.

Kemudian, pada 1099, perang salib pertama melawan dunia Islam diluncurkan, dan emirat perang salib pertama didirikan di dunia Islam. Perang Salib melawan Timur Islam berlanjut selama hampir dua abad.