Geografis Jazirah Arab Menurut Buya Hamka

Ahad , 29 Aug 2021, 20:00 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Geografis Jazirah Arab Menurut Buya Hamka. Foto:  Ilustrasi: Jazirah Arab, lokasi yang diduga menjadi muasal paling pertama masuknya Islam ke Nusantara.
Geografis Jazirah Arab Menurut Buya Hamka. Foto: Ilustrasi: Jazirah Arab, lokasi yang diduga menjadi muasal paling pertama masuknya Islam ke Nusantara.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Daerah Tanah Arab atau Jazirah Arab yang disebut juga semenanjung Arabia terletak di sebelah barat daya Negeri Asia. Sebelah utara berbatasan dengan negeri Palestina perkampungan Baduy Syam dan Negeri Irak.

 

Terkait

"Di sebelah timur berbatasan dengan teluk Persia dan teluk Oman," tulis Prof Buya Hamka dalam karyanya "Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam di Nusantara".

Baca Juga

Di selatan Jazirah Arab berbatasan dengan Lautan Hindia dan Teluk Aden. Di barat berwatas dengan selat Bab el-Mandeb Laut Merah dan Terusan Suez. Tanah antara Port Said dan Adem panjangnya hingga 500 mil dan antara a Bab El Nandeb dan Rasul Hadd panjangnya 1.300 mil. 

"Antara Port Said sebelah selatan dan Sungai Furrat panjangnya 600 mill," tulis Buya Hamka.

Adapun, luas Semenanjung Arabia mencapai 1.2 juta mil persegi atau 3 ribu kilometer persegi. Sementara itu ahli ilmu bumi R.Blanchard mengatakan bahwa luasnya mencapai 3.7 juta km.

"Jumlah penduduk Arab pada masa ini sekitar 12 sampai 14 juta jiwa," tutur Buya Hamka.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini