Jumat 03 Sep 2021 09:16 WIB

Nasihat Ulama Turki untuk Generasi Muda

Masa muda akan berlalu dan pasti akan pergi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pemuda muslim (ilustrasi)
Pemuda muslim (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Bagi sebagian orang masa muda adalah waktu untuk hidup berfoya-foya atau masa untuk bersenang-senang. Namun, jika generasi muda terlena dengan kesenangannya akan membawa bencana atau musibah yang menyakitkan.

Hal ini seperti yang disampaikan ulama dan pemikir besar Turki, Badiuzzaman Said Nursi. Menurut Nursi, ribuan bencana tersebut akan datang, baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga

“Masa muda akan berlalu dan pasti akan pergi. Jika ia telah meniti jalan kesenangan yang melenakan, maka hal itu akan mendatangkan ribuan bencana, derita, dan musibah yang menyakitkan, baik di dunia maupun di akhirat,” ujar Nursi dikutip dari buku Tuntunan Generasi Muda terbitan Risalah Nur.

Nursi menuturkan, para pemuda yang terlena dengan kesenangan biasanya berujung dievakuasi ke rumah sakit karena tindakan sembrono dan penyakit jiwa yang mereka derita, atau masuk ke dalam penjara dan tempat-tempat pembuangan karena hawa nafsu dan tipu daya yang mereka perturutkan, atau ke tempat-tempat hiburan dan minuman keras karena derita dan tekanan jiwa yang terdapat di dalam dadanya.

“Maka tanyakan saja ke sejumlah rumah sakit, penjara, dan bahkan tempat pemakaman. Kalian pasti akan mengetahui dari sejumlah rumah sakit berupa kisah derita dan penyesalan yang berasal dari penyakit akibat gelora masa muda dan penyimpangan mereka,” ucap Nursi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement