Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat, ini Keutamaannya

Senin , 27 Sep 2021, 18:45 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ayat kursi memiliki memiliki berbagai keutamaan, terutama terkait mengusir gangguan setan.  Dilansir dari Elbalad, Akademi Riset Islam mengatakan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk melakukan semua yang baik. Terlebih membaca ayat kursi setelah sholat dikatakan Nabi akan diganjar dengan surga.

 

Terkait

Nabi SAW bersabda:

Baca Juga

من قرأ آية الكرسي فى دبر كل صلاة مكتوبة لم يمنعه من دخول الجنة إلا أن يموت 

 

Artinya: "Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah setiap doa tertulis, dia tidak akan dicegah masuk surga kecuali dia meninggal,"

Ayat kursi merupakan ayat yang ada di surat Al Baqarah ayat 255, dengan bacaan sebagai berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. Al Baqoroh: 255).