Ahad 12 Dec 2021 17:05 WIB

Baca Alquran dari Gawai, Perlu Berwudhukah?

Seorang muslim dapat membaca Alqur'an dari perangkat gawai.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Alquran Digital
Foto: Republika
Alquran Digital

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dosen senior dan sarjana Islam di Institut Islam Toronto , Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty mengatakan seorang muslim dapat membaca Alqur'an dari perangkat gawai atau ponsel bahkan jika tidak dalam keadaan wudhu. 

"Tidak diragukan lagi, ketika akan  membaca Alquran memang dianjurkan untuk berwudhu. Dan tidak sulit untuk mengkondisikan diri dalam keadaan wudhu semaksimal mungkin,"ujar dia.

Baca Juga

Dikatakan bahwa wudhu juga adalah senjata orang mukmin terutama ketika berzikir atau mengingat Allah. Namun tidak ada bukti kuat yang mewajibkan wudhu untuk membaca Alquran.

Meskipun mayoritas ulama menganjurkan untuk berwudhu sebelum membaca Alquran karena membaca kalam Allah dalam keadaan suci tentu lebih baik. Sebagian lagi dari mereka mewajibkan wudhu hanya ketika membaca Alquran dari mushaf. 

 

Namun mereka mengatakan itu tidak berlaku untuk membaca dari memori atau dari perangkat yang menyimpan Alquran. Oleh karena itu, karena ada kemudahan ini, seharusnya setiap muslim dapat manfaatkan kesempatan membaca Alquran sebanyak-banyaknya walaupun tidak sedang berwudhu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement