Senin 13 Dec 2021 09:53 WIB

Netflix Rayakan Sinema Arab dengan Rilis Puluhan Film

Netflix memberikan pengenalan kepada penonton muda tentang sinema Arab.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Netflix
Foto: EPA
Netflix

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Netflix telah merilis sejumlah film baru berbahasa Arab, termasuk film dokumenter pemenang Oscar, White Helmets. Berjudul Celebrating Arab Cinema, Netflix meluncurkan koleksi 58 karya dari 47 pembuat film termasuk karya sutradara Nadine Labaki, Annemarie Jacir, Elia Suleiman, dan Ziad Doueiri.

Direktur akuisisi Netflix untuk wilayah MENA, Nuha El Tayeb, mengatakan peluncuran koleksi tersebut bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada penonton muda tentang sinema Arab.

"Koleksi ini menampilkan mahakarya sinema sejati, termasuk film-film pemenang penghargaan dan diakui secara global, seperti The Present dan Lift Like a Girl pemenang BAFTA, yang memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Internasional Kairo 2020," kata El-Tayeb dilansir dari Middleeasteye pada Senin (13/12).

El-Tayeb mengatakan koleksi film itu mencerminkan keragaman dunia Arab. Selain fitur naratif, koleksi ini mencakup sejumlah film dokumenter, termasuk White Helmets, yang menceritakan tim penyelamat yang bekerja di tengah perang sipil Suriah.

Rilisan terbaru menambah katalog produksi Arab Netflix yang sudah berkembang, termasuk 32 film dan dokumenter Palestina yang dirilis pada bulan Oktober. Dengan begitu banyak pilihan, Middle East Eye menyarankan tiga pilihan untuk Anda yaitu:

1. White Helmets (2016)

Berlangsung lebih dari 40 menit, film dokumenter pendek pemenang Oscar ini mengikuti kehidupan tiga penyelamat dari White Helmets saat mereka berlatih di Turki dan menguji keterampilan mereka di Aleppo yang dilanda perang.

Sebagian besar dari apa yang dilihat pemirsa difilmkan oleh seorang sukarelawan di lapangan, dikombinasikan dengan rekaman amatir lainnya dari serangan angkatan udara Suriah di wilayah yang dikuasai pemberontak.

2. The Present (2020)

Film pendek pemenang penghargaan garapan Farah Nabulsi yang juga dinominasikan untuk Oscar, The Present, menggambarkan kenyataan sehari-hari bagi orang-orang Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel. Film itu menjelaskan bahkan keinginan yang tampaknya biasa-biasa saja untuk membeli lemari es menjadi hal yang rumit.

Aktor Palestina Saleh Bakri (Bonbone dan Giraffada)  berperan sebagai Yusuf, seorang pria yang ingin membelikan istrinya kulkas untuk ulang tahun pernikahan mereka.

3. Lift Like a Girl (2020)

Film dokumenter yang berlatar di kota pelabuhan Alexandria di Mesir ini mengikuti Asmaa yang berusia 14 tahun saat berlatih untuk menjadi juara angkat besi wanita berikutnya di negara itu. Mesir sudah menjadi rumah bagi beberapa atlet angkat besi wanita papan atas, termasuk juara dunia dan Olimpiade Nahla Ramadan.

Ayah Nahla, Kapten Ramadan, tampil dalam film tersebut. Ia merupakan mantan atlet angkat besi yang pemarah hingga menantang gadis-gadis di gym  untuk bisa angkat besi layaknya pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement