Sabtu 01 Jan 2022 21:50 WIB

Saudi Mulai Garap Inisiatif Tahun Kopi

Tahun Kopi Saudi untuk merayakan kopi Saudi dan nilai budayanya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Petani kopi Khawlani di Provinsi Jazan, Arab Saudi tengah memanen biji kopi mereka selama musim panen tahunan, yang berlangsung dari Oktober hingga Januari.
Foto: Saudi Gazette
Petani kopi Khawlani di Provinsi Jazan, Arab Saudi tengah memanen biji kopi mereka selama musim panen tahunan, yang berlangsung dari Oktober hingga Januari.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Saudi meluncurkan identitas visual dari inisiatif "Tahun Kopi Saudi", Jumat (31/12). Identitas atau logo ini akan menyertai semua kegiatan yang akan diadakan sepanjang 2022, untuk merayakan kopi Saudi dan nilai budayanya.

Dalam proses pembuatan logo tersebut, Kementerian menyebut terinspirasi oleh cangkir kopi tradisional Arab. Hal ini selalu dikaitkan dengan kemurahan hati dan keramahan khas Saudi.

Kementerian mulai mengerjakan “Tahun Kopi Saudi”, ketika Menteri Kebudayaan Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan mengumumkan inisiatif tersebut. Bahkan, mereka telah mengalokasikan platform elektronik untuk perayaan tersebut, yaitu https://engage.moc.gov.sa/year-of-saudi-coffee.

Dilansir di Arab News, Sabtu (1/1), Kementerian Kebudayaan juga memberikan penjelasan rinci tentang inisiatif ini beserta tujuannya, serta menetapkan pedoman untuk menggunakan identitas visual.

 

Pada akhir Januari 2022, platform tersebut akan menyediakan ruang untuk menerima ide-ide dari individu dan semua pihak, utamanya yang ingin mengimplementasikan proyek bersama yang melayani inisiatif dan mempromosikan tujuannya.

Inisiatif ini merupakan bagian dari Program Kualitas Hidup, salah satu program realisasi Visi 2030 Kerajaan. Kementerian Kebudayaan berusaha merayakan nilai budaya kopi Saudi dan hubungannya yang erat dengan adat dan tradisi Kerajaan.

Bekerja sama dengan Komisi Seni Kuliner, kementerian berencana mengadakan berbagai program, acara dan kompetisi di bawah payung inisiatif sepanjang tahun 2022. Adapun kegiatan ini melibatkan lembaga pemerintah dan semi-pemerintah, lembaga sektor swasta, restoran, hotel, kafe dan individu yang terlibat di lapangan.

Melalui inisiatif ini, kementerian berupaya merayakan kopi Saudi sebagai produk budaya khas Kerajaan dan berkontribusi pada pemasarannya secara lokal dan internasional, selain mendorong produk dan kegiatan terkait.

Lebih lanjut, hal ini bertujuan untuk menyoroti kopi Khawlani yang diproduksi di Arab Saudi selatan dan menggarisbawahi bagaimana kopi disiapkan dengan cara yang berbeda, di masing-masing dari 13 wilayah Saudi.

Nantinya, upaya ini juga akan merinci bagaimana kopi disajikan kepada para tamu dengan berbagai cara, yang memberi kopi Kerajaan kedalaman budaya yang unik. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement