Jumat 07 Jan 2022 16:30 WIB

Anak Perempuan Juga Wajib Mengurus Orang Tua?

Apakah anak perempuan juga wajib mengurus orang tua?

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Kesehatan lansia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kesehatan lansia (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty mengatakan hak orang tua atas anak-anaknya menempati urutan kedua setelah hak Allah atas hamba-hamba-Nya. Itu adalah perintah yang jelas dari Alqur'an. Allah berfirman dalam surat Al Isra ayat 23,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Baca Juga

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Banyak ayat mengulangi perintah yang sama. Hal ini juga diperkuat dalam hadis-hadis Nabi. Alqur'an juga menjelaskan bahwa menghormati orang tua dan memperlakukan mereka dengan baik adalah perintah utama kedua yang dikeluarkan untuk setiap utusan Allah.

Tidak disebutkan di manapun dalam sumber-sumber bahwa perintah di atas hanya berlaku untuk laki-laki, jika memang demikian, maka Allah dan Rasul-Nya akan berkata demikian. Kita tidak diperbolehkan untuk mengutak-atik perintah atau perintah penting seperti itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement