Jabal Al-Lawz Arab Saudi Diselimuti salju

Selasa , 18 Jan 2022, 13:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jabal Al-Lawz Arab Saudi Diselimuti salju
Jabal Al-Lawz Arab Saudi Diselimuti salju

IHRAM.CO.ID,TABUK -- Orang-orang di Kerajaan Saudi dapat menikmati jalan bersalju yang langka di Jabal Al-Lawz, atau Gunung Almond. Wilayah ini diambil namanya dari sejumlah besar pohon almond yang tumbuh di lerengnya.

 

Terkait

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Selasa (18/1), di ketinggian lebih dari 2.600 meter di atas permukaan laut, gunung yang tertutup salju ini menjadi tujuan musim dingin yang sempurna, terutama bagi para pecinta petualangan dan alam.

Jabal Al-Lawz terletak di dekat perbatasan Arab Saudi dengan Yordania, di atas Teluk Aqaba.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi menyeluarkan peringatan cuaca untuk beberapa wilayah. Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil menyebut diprediksi akan ada penurunan suhu yang signifikan dan masyarakat diminta waspada.

Pihak berwenang memperingatkan badai petir dengan hujan ringan hingga sedang dan angin kencang dapat menyebabkan aliran deras di ibu kota Riyadh, Provinsi Timur, Baha, Asir, Makkah, Tabuk, Perbatasan Utara dan Madinah. Mereka juga memprediksi akan terjadi hujan salju di pegunungan Tabuk, bagian dari Al-Jawf dan Perbatasan Utara.

Juru bicara pertahanan sipil, Letnan Kolonel Mohammed Al-Hammadi, meminta semua orang waspada terhadap kondisi cuaca yang parah, menjauh dari tempat-tempat yang bisa menyebabkan banjir, serta mengikuti instruksi dan pembaruan otoritas yang diumumkan melalui outlet berita dan media sosial.

Direktorat menyebutkan sebagian besar wilayah akan mengalami penurunan suhu yang signifikan, mencapai antara nol hingga 5 derajat Celcius. Peringatan itu dikeluarkan berdasarkan data yang diterima dari Pusat Meteorologi Nasional.

Al-Hammadi menambahkan, Dirjen Pertahanan Sipil telah menyiapkan diri untuk menerapkan rencana dan tindakan yang diperlukan, untuk mengahdapi insiden terkait cuaca.

Pertahanan sipil Saudi mengeluarkan peringatan serupa seminggu sebelumnya, dengan negara-negara Teluk telah waspada sejak awal tahun. Hujan lebat telah menyebabkan aliran deras dan penurunan suhu yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2006266/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini