Arab Saudi Siapkan Layar Interaktif Pandu Jamaah di Masjidil Haram

Ahad , 23 Jan 2022, 23:42 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa. Arab Saudi Siapkan Layar Interaktif Pandu Jamaah di Masjidil Haram
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa. Arab Saudi Siapkan Layar Interaktif Pandu Jamaah di Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci, Makkah dan Madinah telah meluncurkan layanan baru untuk jamaah. Kepresidenan menyediakan layar interaktif yang menampilkan peta bimbingan Masjidil Haram dan fasilitasnya.

 

Terkait

Dilansir dari Arab News pada Sabtu (22/1/2022), layar interaktif juga menyediakan kode QR sehingga rute dapat dilihat melalui perangkat pribadi. Selain itu, layar interaktif juga menampilkan data dalam enam bahasa utama yang dapat dipilih pengunjung maupun jamaah umroh.

Baca Juga

Layar interaktif ini dipasang sebagai bagian dari rencananya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sistem bimbingan kepada jamaah. Misalnya, untuk memfasilitasi jamaah mengakses ke tempat-tempat ritual serta lokasi-lokasi utama, termasuk Mataf dan bangunan Mas'a melalui penyediaan jalur pergerakan langsung dari lokasi pengguna ke tujuan.

Arab Saudi membuka layanan umroh dan sholat di dua masjid suci hanya melalui aplikasi Eatmarna di tengah lonjakan kasus Covid-19. Arab Saudi juga telah meningkatkan layanan fasilitas untuk mencegah penyebaran virus dengan menambah robot pintar yang membagikan air zamzam.

Kerajaan juga mewajibkan jamaah umroh untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker setiap saat. Hanya mereka yang sudah vaksin yang dapat memasuki dua masjid suci.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan kasus Covid-19 harian sebanyak 4.884 kasus pada Jumat (21/1). Kementerian juga melaporkan dua kematian baru dalam 24 jam, menjadikan jumlah kematian di Kerajaan menjadi 8.916.

https://www.arabnews.com/node/2009446/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini