Berburu Amal Saleh

Kamis , 27 Jan 2022, 18:30 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Amalan (Ilustrasi). Amal saleh sebenarnya sangat banyak dan sangat dimudahkan.
Amalan (Ilustrasi). Amal saleh sebenarnya sangat banyak dan sangat dimudahkan.

IHRAM.CO.ID, Oleh Amir Faisol Fath

 

Terkait

Amal saleh sebenarnya sangat banyak dan sangat dimudahkan. Tidak ada siapa pun yang menghalangi amal saleh. Sebab, setiap kebaikan adalah indah. Dalam pepatah Arab dikatakan: "Izra' jamiillan fainnal jamiila haitsu yuzra' fahuwa jamiilun (Tanamkan kebaikan, sebab kebaikan tetap indah ditanam di mana saja)."

Baca Juga

Allah menyebutkan kebaikan dalam bentuk plural al-khairaat. Artinya, sangat banyak dan tidak terbatas. Dengan hanya memberikan senyum saja, Anda sudah bersedekah. Nabi SAW bersabda: "Tabassumuka fi wajhi akhiika sadaqatun." (HR Tirmidzi). Dalam hadis lain, "Itaqunnara walau bisyaqqi tamrin (Lindungi dirimu dari api neraka sekalipun hanya dengan bersedekah separuh kurma)." (HR Bukhari-Muslim).

Karena itu, kita harus berlomba merebut kebaikan: fastabiqul khairaat (QS alBaqarah: 148). Kata fastabiquu berbentuk perintah agar berlomba untuk mengamalkan kebaikan apapun. Maksudnya, memburu kebaikan dalam setiap kesempatan. Sebab, semua kebaikan adalah proyekNya.

Allah tidak pernah kehilangan cara untuk mendapatkan orang yang mau melaksana kannya. Jika kita tidak memburunya, bisa dipastikan kita akan kehilangan momen tum untuk mendapatkannya. Lebih dari itu, kita kelak di akhirat akan menyesal mengapa selama di dunia tidak bersegera beramal saleh.

Allah berfirman: "Wa saari'uu ilaa maghfiratin mir rabbikum (Bersegeralah untuk mendapatkan ampunan dari Allah Tuhanmu)." (QS Ali Imran: 133). Maksud dari "bersegera" adalah tidak bermalas-malasan dalam meraih kebaikan. Sebab, dengan bermalas-malasan An da akan mengalami dua kondisi yang sama-sama merugikan.