Jumat 04 Feb 2022 17:47 WIB

Abu Dhabi Konfirmasi Temuan Sumber Gas Baru di Lepas Pantai

Penemuan ini menandai yang pertama dari konsesi eksplorasi lepas pantai Abu Dhabi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai. Abu Dhabi Konfirmasi Temuan Sumber Gas Baru di Lepas Pantai
Foto: Bernd Wuestneck/dpa via AP
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai. Abu Dhabi Konfirmasi Temuan Sumber Gas Baru di Lepas Pantai

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi (ADNOC) telah mengonfirmasi penemuan sumber daya gas alam di lepas pantai Abu Dhabi. Hasil awal dari sumur eksplorasi pertama di Konsesi Eksplorasi Blok 2 Lepas Pantai Abu Dhabi yang dioperasikan oleh Eni, menunjukkan antara 1,5–2 triliun kaki kubik standar (TSCF) gas mentah yang tersedia.

Penemuan ini menandai yang pertama dari konsesi eksplorasi lepas pantai Abu Dhabi. Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan energi utama Italia Eni dan PTT Exploration and Production Public Company ltd (PTTEP) Thailand dianugerahi hak eksplorasi untuk Blok Lepas Pantai 2 pada tahun 2019 sebagai bagian dari putaran penawaran blok kompetitif debut ADNOC.

Baca Juga

Pada Desember lalu, ada konfirmasi penemuan hingga 1 miliar barel setara minyak (BBOE) di Konsesi Eksplorasi Blok 4 Onshore, yang dioperasikan oleh gabungan Jepang INPEX/JODCO (Japan Oil Development Co.).

“Penemuan sumber daya gas alam material di Blok 2 Lepas Pantai menggarisbawahi bagaimana perluasan pendekatan ADNOC terhadap kemitraan strategis memungkinkan kami untuk mempercepat eksplorasi dan pengembangan sumber daya hidrokarbon yang belum dimanfaatkan di Abu Dhabi dan menciptakan nilai jangka panjang bagi UEA,” kata Menteri Perindustrian dan Teknologi Canggih serta Direktur Pelaksana dan CEO Grup ADNOC Sultan Ahmed Al Jaber.

 

“Kami mengucapkan selamat kepada mitra kami yang berharga Eni dan PTTEP atas pencapaian ini dan kami berharap dapat terus bekerja dengan semua mitra strategis kami untuk membuka sumber daya hidrokarbon Abu Dhabi secara berkelanjutan dan tetap berada di depan permintaan dunia akan energi rendah karbon yang terus meningkat,” tambahnya, dilansir dari Gulf News, Jumat (4/2/2022).

Operasi pengeboran terus mengarah ke formasi yang lebih dalam untuk sepenuhnya membuka volume sumber daya di Blok 2 Lepas Pantai dan mengeksplorasi lebih lanjut potensi yang menjanjikan serta di seluruh area konsesi eksplorasi Blok 1 dan 3 Lepas Pantai, yang juga diberikan kepada Eni dan PTTEP.

ADNOC meluncurkan putaran penawaran blok kompetitif pertama dan kedua di Abu Dhabi pada 2018 dan 2019, yang menawarkan serangkaian blok darat dan lepas pantai utama kepada sejumlah perusahaan internasional, atas nama Pemerintah Abu Dhabi. Berdasarkan data yang ada, perkiraan menunjukkan blok ini menyimpan beberapa miliar barel minyak dan beberapa triliun kaki kubik gas alam.

“Hasil sementara yang positif yang dicatat oleh mitra kami dalam eksplorasi Blok Lepas Pantai 2 mengikuti penemuan signifikan baru-baru ini di Blok 4 Daratan," kata Direktur Eksekutif Hulu ADNOC Yaser Saeed Almazrouei.

“Kedua penemuan tersebut memanfaatkan wawasan dari ADNOC yang sedang berlangsung Survei mega seismik 3D, yang mendukung peran penting survei ini bagi kami dan mitra strategis kami untuk membantu mengidentifikasi sumber daya hidrokarbon baru di seluruh Abu Dhabi,” kata Saeed.

https://gulfnews.com/business/energy/adnoc-confirms-new-gas-discovery-offshore-abu-dhabi-1.1643876012387

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement