Rabu 23 Feb 2022 10:52 WIB

Masjid Coventry Luncurkan Kampanye Pembersihan Sampah di Jalanan

Masjid Coventry Luncurkan Kampanye Pembersihan Sampah di Jalanan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Coventry Luncurkan Kampanye Pembersihan Sampah di Jalanan
Foto: Coventry Telegraph
Masjid Coventry Luncurkan Kampanye Pembersihan Sampah di Jalanan

IHRAM.CO.ID,COVENTRY -- Sebuah masjid di Coventry, Inggris, memulai kampanye pembersihan dengan skala besar. Mereka memanfaatkan khutbah shalat Jumat untuk menginformasikan tentang daur ulang dan pembuangan limbah.

 

Baca Juga

Imam Masjid Shayk Nabeel mengatakan, jalan-jalan di sekitar Masjid Institut Al-Madinah Foleshill dipenuhi sampah. Campuran permasalahan, mulai dari penumpukan sampah, angin kencang dan pengumpulan sampah berkala mulai menimbulkan efeknya.

Inisiatif yang dilakukan oleh masjid ini merupakan kedua kalinya, dimana sebelumnya telah ada masjid lain yang turun ke jalan, berinisiatif untuk membersihkan tumpukan sampah.

 

Dilansir di Coventry Telegraph, Rabu (23/2), anggota masjid membersihkan 25 kantong sampah dari jalan-jalan Foleshill pada akhir pekan, 12 Februari lalu. Mereka mengatakan akan melakukannya setiap minggu sampai masalahnya membaik.

"Masih ada sampah yang menumpuk di jalan-jalan. Dalam Islam, Nabi kita mengatakan kebersihan adalah setengah dari iman kita. Maka, kebersihan dan kesucian adalah bagian utama dari agama kita. Rencana kami adalah menjaga kebersihan daerah dan jalanan bersih," ujar Imam Shayk Nabeel.

Ia pun menyebut pihak masjid telah menyiapkan sebuah kampanye yang melibatkan 25 sukarelawan. Upaya ini akan menjadi kegiatan yang berlangsung secara berkelanjutan.

Sebagian besar rumah di sepanjang jalan dekat masjid disebut tidak memiliki taman depan yang layak. Sehingga, masyarakat terpaksa menyimpan sampah mereka di jalanan.

“Itu bukan taman depan yang besar, beberapa di antaranya bahkan tidak memiliki taman depan, dengan kondisi cuaca dan sampah yang menumpuk, itu jadi terbang ke mana-mana” lanjutnya.

Ia pun menyebut memanfaatkan shalat Jumat sebagai salah satu cara untuk menyebarkan pesan kampanye ini. Selama tiga minggu terakhir, masyarakat diberi edukasi agar lebih hati-hati dalam membuang sampah, mendaur ulang, serta menjaga kebersihan rumah dan kebunnya.

Sebelumnya pada bulan Januari, masjid tersebut berinisiatif mendirikan tempat pembuangan sampah sendiri, yang akan menampung sampah hingga petugas yang mengangkut datang ke daerah setempat. Inisiatif ini pun disambut baik, dimana lokasi tersebut terisi penuh dalam satu hari.

"Inisiatif ini datang dari masjid. Kami berdiskusi bahwa harus ada satu langkah yang kami lakukan. Kami ingin melakukan kampanye ini secara konsisten. Ini adalah sedikit gerakan yang kami coba ciptakan," ujar Imam Shayk Nabeel.

Tak hanya membersihkan jalanan di sekitar masjid, mereka juga berencana akan membersihkan dua kuburan lokal yang ada di sekitar wilayah mereka, yaitu di Lentons Lane dan Walsgrave.  

Sumber:

https://www.coventrytelegraph.net/news/coventry-news/coventry-mosque-launches-clean-up-23170518

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement