Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal Diluncurkan

Senin , 28 Mar 2022, 06:50 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Grafis Survei Kepuasan Layananan Sertifikasi Halal
Grafis Survei Kepuasan Layananan Sertifikasi Halal

Sehati merupakan wujud kolaborasi BPJPH Kemenag dengan kementerian, lembaga, instansi swasta, 10 e-commerce, perbankan, dan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota. Program ini diharapkan dapat efektif dijalankan, atas adanya komitmen yang kuat secara bersama-sama. 

 

Terkait

 

"Semoga sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin dan kita tingkatkan secara berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh pelaku usaha khususnya UMK dan masyarakat pada umumnya," ucap dia.

 

Aqil juga menyebut upaya lain yang dilakukan BPJPH adalah menyiapkan pendamping Proses Produk Halal (PPH). Bersama Perguruan Tinggi dan Ormas Keagamaan Islam, pihaknya terus menyiapkan pendamping PPH dengan target 100.000 orang.

 

Keberadaan pendamping PPH penting dalam mendukung proses sertifikasi halal UMK dengan skema self declare. Hingga saat ini, sudah ada 110 Lembaga Pendampingan PPH yang terdaftar dan 174 Lembaga Pendampingan PPH mengikuti Training of Trainer/.

 

Sebanyak 36 Lembaga Pendampingan PPH akan diikutkan pada Training of Trainer Angkatan ke-4 pada April 2022. BPJPH juga mencatat, sekarang ada 710 trainer Pendamping PPH, 2.210 Pendamping PPH yang sudah teregistrasi dan sebanyak 64.722 orang yang siap mengikuti pelatihan Pendamping PPH.