Sabtu 02 Apr 2022 07:52 WIB

Manajemen Waktu Kunci Maksimalkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan

Ada beberapa cara yang bisa melalui bulan suci Ramadhan dengan tenang dan tanpa beban

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berpuasa
Foto: Prayogi/Republika
Ilustrasi Berpuasa

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Konselor dari Geneva B. Scruggs Community Health Care Center di New York, Aisyah Mohamad mengungkap, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah segala kekhawatiran tentang Ramadhan. Serta agar dapat melalui bulan puasa yang penuh ampunan ini dengan tenang dan tanpa beban.

Menurut Aisyah, meningkatkan keterampilan manajemen waktu merupakan kuncinya. Jika belum terbiasa, maka bisa dicoba dengan melakukan beberapa tahapan.  “Ini sangat bermanfaat dalam banyak hal, terutama dalam mengurangi stres yang terkait dengan begitu banyak hal yang harus dilakukan dan waktu yang sangat sedikit,” ungkap Aisyah

Baca Juga

Pertama, membuat rencana yang akan dilakukan selama Ramadhan. Rencana ini dapat mencakup hal-hal yang biasa Anda lakukan, serta hal-hal tambahan yang ingin Anda capai selama Ramadhan, seperti mengkhatamkan Al-Qur'an.

Kedua, memiliki jadwal tertulis dapat sangat berguna ketika Anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Jadwal ini membantu Anda agar tidak melupakan sesuatu yang mungkin menjadi stres karena Anda tidak dapat mengejar ketinggalan.

Jika kegiatan sudah dilakukan, maka Anda dapat memberikan tanda centang. Ini akan membantu, memantau apa yang telah Anda lakukan dan apa yang perlu Anda selesaikan.

Ketiga, memiliki kegiatan yang sama setiap hari atau rutinitas, akan jauh lebih bermanfaat. Misalnya, bekerja, memasak, berolahraga pada waktu yang ditentukan setiap hari.

Keempat, susunlah kegiatan hari-harimu dengan doa. Ini tidak hanya membantu menjaga rutinitas, tetapi juga memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan dan kewajiban rohani Anda.

Kelima, membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian yang dapat diatur.  Misalnya, jika Anda berencana untuk mengkhatamkan Alqur’an selama Ramadhan, bacalah empat halaman setiap selesai sholat dan Anda akan mencapai tujuan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement