Sabtu 02 Apr 2022 06:39 WIB

Komunitas Muslim di New York Bagikan Makanan Selama Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah momentum untuk merefleksikan kebutuhan masyarakat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Komunitas Muslim di New York (ilustrasi). Selama Ramadhan, komunitas Muslim New York membagikan makanan.
Foto: About Islam
Komunitas Muslim di New York (ilustrasi). Selama Ramadhan, komunitas Muslim New York membagikan makanan.

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Komunitas Muslim di Masjid Pusat Kebudayaan Islam, 96th Street, New York membagikan makanan kepada kelompok masyarakat Muslim yang kurang mampu selama bulan suci Ramadhan 1443 H. Mereka membantu mengemas 200 kotak berisi bahan makanan, yang diperlukan untuk kebutuhan Ramadhan nanti.

Di antara makanan yang disiapkan ialah kurma, roti, gula, kantong beras, buah-buahan dan sayuran. Kotak-kotak itu akan membantu keluarga berpenghasilan rendah untuk bisa menyantap hidangan berbuka puasa.

Baca Juga

Direktur Eksekutif Jaringan Komunitas Muslim di New York AS, Aniqa Nawabi, menyampaikan bulan Ramadhan adalah momentum untuk merefleksikan kebutuhan masyarakat. Puasa Ramadhan berarti merasakan penderitaan yang dialami mereka yang kurang mampu.

"Saatnya kita merefleksikan kebutuhan yang ada di masyarakat. Kita berpuasa karena ingin bisa merasakan rasa lapar dari anggota komunitas kita dan karena itu kita bagi-bagi sembako di awal Ramadhan dan sepanjang Ramadhan, selama 30 hari penuh," Nawabi, seperti dilansir CBS News, Jumat (1/4).

 

Jaringan komunitas Muslim tersebut telah membagikan paket makanan Ramadhan selama sekitar 10 tahun. Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti dalam kalender Islam. Umat Islam di seluruh dunia meningkatkan ibadahnya selama Ramadhan untuk mendapatkan kesehatan spiritual yang lebih tinggi.

Di Ohio, Amerika Serikat (AS), anggota Islamic Center of Greater Toledo akan mengadakan acara kumpul-kumpul pada malam khusus di hari Jumat (1/4) waktu setempat untuk menghidupkan kembali tradisi melihat bulan sabit Ramadhan.

Menurut perhitungan astronomi, Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan pada Sabtu, 2 April. Di Amerika Utara, sebuah pernyataan dari Fiqh Council of North America (FCNA) mengatakan, "Hari pertama Ramadhan 1443 adalah pada Sabtu, 2 April 2022, insya Allah. Shalat tarawih akan dimulai pada Jumat malam, 1 April."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement