Rabu 20 Apr 2022 03:35 WIB

Semarak Ramadhan di Masjid Quba

Masjid Quba, masjid yang pertama dibangun Rasulullah SAW.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Quba
Foto: Saudi Gazette
Masjid Quba

IHRAM.CO.ID,   MADINAH -- Masjid Quba, masjid yang pertama dibangun Rasulullah SAW, kini ramai dikunjungi selama bulan suci Ramadhan 1443 H. Pengunjung berduyun-duyun ke monumen keagamaan dan masjid bersejarah di Madinah itu.

Para pengunjung menikmati kenyamanan selama menjalankan ibadah di Masjid Quba karena mendapat pelayanan organisasi terpadu yang disediakan oleh otoritas keamanan, bimbingan, dan kesehatan.

Baca Juga

Dilansir Saudi Gazette, Selasa (19/4/2022), pengunjung dan peziarah dari beberapa negara berbondong-bondong ke masjid sebagai bagian dari program kunjungan mereka ke Madinah. Para pengunjung tersebut menunaikan ibadah sholat di masjid bersejarah, yang dibangun pada hari pertama hijrah Nabi SAW ke Madinah.

Seluruh pintu Masjid Quba yang mampu menampung 13 ribu jamaah dibuka untuk menerima jamaah di bagian pria dan wanita, dan disuguhi hidangan Ramadhan. Orang tua dan relawan berpartisipasi, selain bimbingan lapangan, penyadaran, pemantauan dan pelayanan kesehatan.

 

Layanan kebersihan di dalam masjid dan di alun-alun dipastikan di bawah pengawasan Kementerian Urusan Islam Arab Saudi dengan partisipasi dari Kota Madinah. Semua tindakan yang menjaga kebersihan dan kesucian tempat juga dilakukan, termasuk mencegah masuknya makanan panas. Aparat keamanan juga mengawasi dan mengatur arus pejalan kaki dan lalu lintas di jalan-jalan di sekitar Masjid Quba.

Kerajaan Saudi juga membuat program perluasan Masjid Quba. Putra Mahkota Muhammed bin Salman pada 8 April lalu mengumumkan akan meluncurkan proyek besar untuk memperluas Masjid Quba di Madinah hingga 50 ribu meter per segi. Proyek ini dinamakan proyek Raja Salman dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masjid menjadi 66 ribu jamaah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement