Jumat 06 May 2022 17:17 WIB

Awal Mula Iblis Jadi Makhluk Paling Hina

Iblis bukan golongan malaikat melainkan iblis adalah bapak moyangnya bangsa jin.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Kisah Iblis Menolong Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: pxhere
Kisah Iblis Menolong Sahabat Nabi (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah riwayat menyebutkan bahwa sebelum durhaka kepada Allah SWT, nama iblis adalah 'azazil. Diantaranya disampaikan oleh Ibnu Abbas maupun Sa'id bin Jubair. Hasan Bashri menjelaskan bahwa iblis bukan golongan malaikat melainkan iblis adalah bapak moyangnya bangsa jin. 

Iblis terjangkiti sifat sombong dan merasa lebih baik dari pada nabi Adam. Sebab Iblis diciptakan dari api sedang nabi Adam diciptakan dari tanah. Karena itu ketika Allah meniupkan ruh pada perwujudan Adam dan menyuruh para malaikat bersujud pada nabi Adam, iblis menolak karena kesombongan dan sifat hasudnya. Ungkapan penolakan iblis itu pun diabadikan dalam Alquran. 

Baca Juga

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (Alquran surat Al A'raf ayat 12)

 

Inilah ungkapan yang sangat jelas menunjukkan kepongahan dan kesombongan iblis. Ungkapkan ini juga lah yang membuat iblis menjadi makhluk paling hina. Sebab jelas iblis membangkang karena kesombingannya. Ia menolak perintah Allah agar sujud pada Adam. Itu menunjukkan bahwa iblis tak sopat terhadap Tuhannya. Dan sebab itu ia jauh dari kasih sayang Allah. 

"Ia telah melakukan sesuatu yang menjatuhkan harkat dan martabatnya sendiri yang sudah ia raih dengan beribadah dan menghamba kepada Allah dalam waktu yang tidak sedikit. Bahkan ia telah mencapai derajat yang menyaingi malaikat, padahal ia bukan golongan malaikat," dikutip dalam buku 40 kisah akhir hidup kezaliman makhluk-makhluk Allah yang disadur oleh Kaserun As Rahman dari sejumlah kitab diantaranya Al Jaza' min Jinsil 'Amal karya Sayyid Husein Affani, Al Qashshah wa Ibrar karya Syekh Abdullah Yusuf Ajlan, As Silsilah ash Shahihah karya Syekh Muhammad Nasiruddin al Albani, At Tahdzir min Su'il Khatimah karya As Subhani dan 100 Qishshah min Nihayah Azh Zhalimin karya Hani al Hajj.

Karena menolak perintah Allah untuk bersujud pada nabi Adam maka iblis diturunkan dari al Mala' al A'la dan dilemparkan ke bumi sebagai makhluk yang rendah dan hina dina, tercela, dan terancam akan mendapat azab neraka. Kelak iblis akan disiksa di neraka bersama jin dan manusia yang menjadi pengikutnya.

Bisa dipahami bahwa Iblis mendapat hukuman karena sifat-sifat tercela yang muncul dari dirinya yakni sombong, ujub, membangkang terhadap perintah Allah yaitu ketika menolak bersujud pada Adam. Penolakan itu didorong oleh klaim bahwa dirinya merupakan makhluk yang lebih terhormat dan lebih baik dari nabi Adam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement