Latih Jiwa Korsa PPIH dengan HUET

Rabu , 25 May 2022, 19:53 WIB Reporter :Ali Yusuf / Jurnalis : Fian Firatmaja
Foto : Republika/ali yusuf
Kepala Pusat Kesehatan Haji bersama peserta lainnya menjajal simulasi helikopter jatuh ke laut atau Helicopter Underwater Escape Training (HUET). Simulasi ini bagian dari materi pembinaan jiwa korsa kepada panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan di Lakespra, Rabu (11/5).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana bersama peserta lainnya menjajal simulasi helikopter jatuh ke dasar laut atau Helicopter Underwater Escape Training (HUET). Simulasi ini bagian dari materi pembinaan jiwa korsa kepada panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan di Lakespra. 

 

Terkait

dr Anwar Lewa sebagai istruktur simulasi HUET menjelaskan, bila terjadi kondisi serupa diharapkan PPIH bisa tetap tenang melihat kondisi. Karena menurutnya dalam kondisi darurat tidak boleh gugup. Harus tenang dan melihat jalan lolos tercepat dan terbaik.

Ketika sudah masuk ke dalam HUET, dr Anwar Lewa juga mengintruksikan kepada peserta untuk melakukan BURN RED (Brace position, Unbreath (tahan nafas), Rotation, Never forget physical reference (supaya tidak lupa jalan keluar), Release Exit Debrief.

Meski simulasi, HUET ini benar-benar tenggelam ke dalam air selama beberapa saat. Dan yang paling menegangkan dari simulasi ini, HUET berputar sampai 350 derajat dengan lama waktu berada dalam air kurang lebih 10 detik. HUET ini diputarkan remote mesin crane.

 

 

BERITA LAINNYA