Panduan Singkat Haji, Apa Saja yang Dilakukan Jamaah? 

Kamis , 07 Jul 2022, 14:14 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Haji adalah ibadah tahunan ke kota suci Makkah yang dilakukan oleh jutaan Muslim di seluruh dunia. Ibadah haji biasanya dilaksanakan pada bulan ke-12 dalam kalender Islam yang disebut Dzulhijjah, tepatnya pada hari kedelapan sampai hari ke-13. 

 

Terkait

Pada tahun ini, ibadah haji akan berlangsung pada 7-12 Juli 2022. Jamaah yang mengikuti proses ibadah ini adalah umat Islam yang mampu secara finansial.

Baca Juga

Tahun ini, satu juta peziarah akan berduyun-duyun ke kota suci Makkah. Sebanyak 85 persen dari mereka bepergian dari luar negeri untuk pertama kalinya setelah jeda dua tahun lantaran adanya pandemi Covid-19 dan pembatasan petugas yang mencegah mereka melakukan ibadah.

Untuk memastikan perjalanan yang lancar dan aman bagi para peziarah, pemerintah Saudi telah mengumumkan serangkaian persyaratan masuk. Di antaranya, jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji harus berusia di bawah 65 tahun dan telah divaksinasi lengkap terhadap Covid-19 dengan booster. 

Dilansir dari Arabnews, mereka juga harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan ke Kerajaan, dan prioritas akan diberikan kepada mereka yang belum pernah melakukan ibadah haji.