Selasa 19 Jul 2022 20:45 WIB

MTQ ke-40 Pesisir Selatan Lahirkan Penghafal Alquran

Acara yang digelar mulai 18 Juli-22 Juli itu dihadiri lebih dari 600 orang kafilah.

Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).
Foto: kemenag.go.id
Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Bupati Pesisir Eekatan, Sumatera Barat Rudi Hariyansyah berharap MTQ ke-40 di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan melahirkan para pecinta dan penghafal Alquran. Menurut Wabup pelaksanaan MTQ harus diperluas hingga tingkat nagari, sehingga lahir generasi yang berakhlak Alquran sebagai penerus dan menahkodai daerah ini pada masa-masa mendatang untuk pembangunan yang lebih baik lagi.

"Jangan berhenti pada rutinitas semata, namun harus terukur melalui semangat cinta terhadap Alqur'an di masyarakat," tegas Wabup dalam sambutannya ketika pembukaan MTQ ke-40 di Kecamatan Rahul Tapan Senin (18/7/2022).

Baca Juga

Pada MTQ yang dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah itu dihadiri Bupati Rudi Rusma Yul Anwar Tokoh Masyarakat Perantau Tapan Lunang Silaut Syamsul Rakan Chaniago, Sekda Mawardi Roska dan Ketua DPRD Ermizen.Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Bagian Humas dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan dan Sumatera Barat.

Kemudian, Camat Rahul Tapan Mar Alamsyah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat Silaut Syamwil, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfi Yandrika dan Cabang Tapan OKI Hasan dan tokoh masyarakat Rahul.

Acara yang digelar mulai 18 Juli-22 Juli itu dihadiri lebih dari 600 orang kafilah dan lebih dari 400 orang ofisial dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.Wabup melanjutkan MTQ hendaknya memunculkan semangat gemar mengaji, baik di masjid, Mushalla, di TPA/TPSA dan TPQ yang tersebar.

Lebih dari itu harus dijadikan sebagai momentum membangun daerah.Pembangunan yang sarat dengan nilai-nilai Al-Qur'an, sehingga benar-benar terwujud masyarakat yang agamais sesuai dengan cita-cita rencana strategis dan program pembangunan sumber daya manusia daerah.

"MTQ kali ini memperlombakan 11 cabang, Dewan hakim dan panitia pada lomba ini berjumlah 94 orang," sebut Wabup yang sekaligus sebagai Ketua LPTQ.Wabup berharap Kita MTQ Rahul Tapan dapat melahirkan kafilah-kafilah berprestasi dan berkualitas sehingga nantinya dapat mewakili daerah pada ke tingkat provinsi yang bakal digelar di Kabupaten Solok Selatan tahun depan.

Selain itu minta agar peserta mengikuti setiap perlombaan sebaik mungkin pada masing-masing cabang yang di lombakan, karena tidak ada cabang yang istimewa dan semua akan mendapatkan porsi yang sama.Sedangkan pada Dewan Hakim Wabup berpesan agar amanah dalam penilaian penilaian dan bekerja ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab sehingga sukses dan terlaksana MTQ ini dengan sebaik mungkin dengan suasana religius, aman, damai dan sejahtera.

"Sebagai ketua LPTQ Kabupaten Pesisir Selatan, saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah berperan dalam penyelenggaraan MTQ ini," sebut Wabup.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement