Kiswah Ka'bah akan Diganti Sabtu Depan

Selasa , 26 Jul 2022, 06:02 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kiswah lama akan diganti dengan yang baru. Foto:   Seorang pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam, baik menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas, selama tahap akhir persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di pabrik Kiswa di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona sangat membatasi akses ke salah satu dari lima rukun Islam.
Kiswah lama akan diganti dengan yang baru. Foto: Seorang pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam, baik menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas, selama tahap akhir persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di pabrik Kiswa di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona sangat membatasi akses ke salah satu dari lima rukun Islam.

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyatakan bahwa tim yang terdiri dari 166 teknisi dan pengrajin akan menangani proses penggantian Kiswah (kain penutup Ka’bah) pada Sabtu depan, sebagaimana kebiasaan tahunan. 

 

Terkait

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (26/7/2022), Kiswah lama akan diganti dengan yang baru di bawah pengawasan Presiden Jenderal Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Dr Abdulrahman Al-Sudais. 

Dr Al-Sudais menekankan minat kepemimpinan Saudi di Ka'bah suci, kiblat umat Islam, dan ketajamannya untuk memanfaatkan semua kemampuan dalam pelayanan Islam dan Muslim.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Masjidil Haram Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid mengatakan sekitar 200 pengrajin dan admin bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci. 

Al-Muhaimid mengatakan departemen kompleks termasuk departemen binatu dan tenun otomatis, departemen tenun manual, departemen percetakan, departemen sabuk dan departemen benang emas, jahit Kiswah dan bagian perakitan, yang mencakup mesin jahit komputerisasi terbesar di dunia dalam hal panjang, dengan panjang 16 meter. 

Ia menambahkan, pembuatan Kiswah memakan sekitar 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam di dalam kompleks, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/623294/SAUDI-ARABIA/Kaaba-Kiswah-to-be-replaced-next-Saturday

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini