Otoritas Dua Masjid Suci Sediakan Robot Pintar Khusus Muslimah

Kamis , 28 Jul 2022, 19:40 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Ani Nursalikah
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa. Otoritas Dua Masjid Suci Sediakan Robot Pintar Khusus Muslimah
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa. Otoritas Dua Masjid Suci Sediakan Robot Pintar Khusus Muslimah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci atau otoritas di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyediakan bagian sejumlah robot pintar khusus di bagian wanita. 

 

Terkait

Fasilitas robot itu berguna untuk membimbing dan menjawab pertanyaan jamaah wanita di Masjidil Haram. Dilansir dari Riyadh Daily, Rabu (27/7/2022), Penasihat dan Wakil Presiden Umum Urusan Pemerintahan, Hukum dan Pembangunan Abdulwahab Al-Rasini menunjukkan robot dan sarana modern ini diciptakan untuk melayani Dua Masjid Suci.

Baca Juga

Termasuk pengunjungnya, dan memanfaatkan sarana dan teknologi terbaru untuk melayani jamaah, jamaah umroh, dan pengunjung umum. Sementara itu, penanggung jawab Wakil Presiden Umum untuk Urusan Teknis, Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Wissam Maqadmi mengindikasikan bahwa robot tersebut memberikan layanan konsultasi dan panduan dalam melakukan ritual bagi pengunjung di Masjidil Haram.

\Mereka melakukannya dengan cara elektronik modern melalui sistem jaringan nirkabel Wi-Fi (5) GHz, yang memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi. Pada musim haji lalu, otoritas Saudi juga menyediakan 11 robot pintar untuk sterilisasi dan disinfeksi di dalam Masjidil Haram.

Robot-robot itu diklaim telah mendapatkan paten SLAM dan memiliki fitur pengisian baterai, dan satu robot dapat bekerja selama 5-8 jam tanpa campur tangan manusia.  Perangkat pintar ini memiliki kapasitas 23,8 liter, dan mengkonsumsi dua liter setiap jam untuk menghilangkan bakteri di area seluas 600 meter persegi setiap putaran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini