Simpang Empat Gondomanan Yogyakarta Bakal Bebas Kabel Udara

Selasa , 09 Aug 2022, 22:12 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kabel Udara (ilustrasi)
Kabel Udara (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Simpang empat Gondomanan Yogyakarta akan menyusul setidaknya dua simpang jalan lain di kota tersebut, salah satunya simpang Tugu Yogyakarta, menjadi kawasan yang bebas kabel udara, baik kabel listrik maupun fiber optic.

 

Terkait

"Nantinya, tidak akan ada lagi kabel-kabel udara di simpang empat Gondomanan. Seluruh kabel listrik dan fiber optic akan diturunkan, di-ducting," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Yogyakarta, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pekerjaan ducting kabel listrik dan fiber optic di simpang Gondomanan tersebut merupakan bagian dari penataan wajah Kota Yogyakarta.

"Kami ingin menunjukkan wajah Kota Yogyakarta yang semakin tertata dan cantik karena tidak ada lagi kabel yang melintang di udara," katanya.

Sebelumnya, penataan kabel listrik dan fiber optic dengan cara ducting sudah dimulai di simpang Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon kota tersebut dan destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Penataan kabel udara kemudian dilanjutkan di simpang empat Gramedia sehingga simpang tersebut pun bebas dari kabel listrik dan fiber optic yang terpasang melintang jalan.

Seluruh penataan kabel listrik dan fiber optic tersebut dilakukan bersamaan dengan revitalisasi pedestrian di kedua kawasan.