84 Ribu Siswa Arab Saudi Mendapat Manfaat dari Sistem Masruf TETCO

Kamis , 08 Sep 2022, 12:15 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Hafil
84 Ribu Siswa Arab Saudi Mendapat Manfaat dari Sistem Masruf TETCO. Foto: Siswa sekolah di Arab Saudi
84 Ribu Siswa Arab Saudi Mendapat Manfaat dari Sistem Masruf TETCO. Foto: Siswa sekolah di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Sebanyak 84 ribu siswa sekolah swasta diharapkan mendapat manfaat dari sistem Masruf, yang diluncurkan oleh Tatweer for Education Technologies Co. (TETCO) tahun ini. Aplikasi ini membantu orangtua memantau siswa selama berada di sekolah.

 

Terkait

Masruf adalah aplikasi dan platform elektronik yang menghubungkan siswa sekolah swasta melalui gelang elektronik yang memiliki beberapa keunggulan. Gelang ini memudahkan proses pembelian dan pembayaran di kantin sekolah atau untuk melayani penjualan sekolah lainnya, juga sebagai saluran komunikasi dengan orang tua, selain untuk mengontrol kehadiran siswa di sekolah dan pengeluaran siswa.

Baca Juga

TETCO adalah cabang teknologi dari Kementerian Pendidikan, yang menawarkan solusi digital dan teknologi pendidikan dan komunikasi berkualitas tinggi kepada sektor publik dan swasta. Sistem Masruf berisi empat aplikasi. Mereka adalah wali al-amr (wali), maqsaf (kantin), hudhoor (hadir), dan hafila (bus).

Melalui aplikasi wali, akun siswa akan dikreditkan dari perangkat wali, melalui kartu Visa atau Apple Pay. Aplikasi ini juga dapat mengatur batas pengeluaran harian, mingguan atau bulanan untuk setiap siswa.

Aplikasi ini juga dapat membantu menentukan jenis makanan yang menyebabkan alergi yang mungkin dimiliki setiap anak. Aplikasi ini juga dapat menjadwalkan makan anak untuk bulan berikutnya sesuai dengan diet yang diikutinya.

Aplikasi ini memungkinkan untuk menerima pemberitahuan instan saat anak masuk dan keluar sekolah, serta saat anak naik dan turun dari bus. Orang tua juga dapat melihat perkembangan sekolah terbaru, menyetujui kegiatan dan membayar biaya mereka secara elektronik.

Aplikasi kantin memungkinkan siswa untuk membeli melalui gelang dengan memindai di ponsel karyawan kantin. Jika siswa menderita alergi apa pun, pembelian makanan yang ditentukan akan ditolak. Juga, jika siswa memiliki jadwal makan yang dijadwalkan oleh walinya, ia akan menerimanya di kotak khusus di kantin.

Aplikasi hudhoor berkontribusi untuk menemukan siswa dengan memindai gelang saat masuk dan keluar pada sensor yang terletak di gerbang. Apabila siswa harus pergi lebih awal dengan wali yang disetujui, siswa harus menggesek sensor, dan perangkat kemudian mengeluarkan peringatan merah, dengan ketentuan wali menggesekkan kartunya sendiri pada perangkat untuk memberikan izin untuk pergi.

Dalam aplikasi 'bus', pengawas mengonfirmasi bahwa setiap siswa telah naik bus, dan pemberitahuan langsung dikirim ke wali bahwa anak tersebut telah naik bus. Aplikasi ini juga memberi tahu wali pada saat bus mendekati rumahnya, dan ketika siswa turun dari bus dan sampai di rumah. Hal ini juga memungkinkan mengetahui apakah siswa telah mendaftarkan keluar awal dari sekolah dan karenanya tidak akan naik bus hari itu.

TETCO menargetkan 84 ribu siswa untuk menggunakan sistem elektronik baru tahun ini, yang merupakan ide inovatif yang dapat menarik minat luas dan komprehensif di seluruh wilayah Kerajaan.

Sistem ' Masruf ' akan ditautkan ke dua akun di situs web, yang terutama berkontribusi untuk menghubungkan sekolah dengan siswa dan membantunya menyinkronkan informasi dengan sistem, yaitu: akun sekolah dan akun kantin.

Akun sekolah termasuk panel kontrol siswa yang menunjukkan nama mereka, nomor nasional dan nomor sekolah, dan semua data mereka, di samping pemantauan keuangan setiap siswa dan nomor gerbang yang dia masuki, yang dapat diperbarui dan ditambahkan lainnya siswa dengan mudah.

Panel komunikasi wali memberi tahu wali tentang perkembangan terbaru di sekolah dan mengirimkan pemberitahuan kepadanya, dan menambahkan tautan penting seperti kalender sekolah, pemesanan janji temu, masalah kebijakan sekolah, dan komunikasi dengan sekolah. Panel kontrol untuk sistem bus menunjukkan informasi siswa tentang bus, rutenya dari sekolah ke rumah, nama pengawas, dan waktu keberangkatan dan kepulangan.

Akun sekolah juga mencakup panel kontrol untuk wali yang disetujui, di mana wali tertentu atau beberapa wali akan disetujui oleh sekolah, memungkinkan mereka untuk menerima siswa dan meminta izin untuk menerima siswa lebih awal. Wali mudah ditambahkan dengan memberi mereka kartu terprogram untuk digunakan saat menerima siswa.

Akun tersebut juga menambahkan 'panel aktivitas orang tua terakreditasi”, yang menampilkan semua rincian penerimaan siswa yang disetujui orang tua, serta panel kontrol penagihan, yang mencakup semua faktur, transfer, dan permintaan pembayaran.

Patut dicatat bahwa TETCO adalah perseroan terbatas Saudi dan merupakan salah satu holding Tatweer yang dimiliki oleh Saudi Public Investment Fund (PIF). TETCO bertujuan untuk meningkatkan sektor pendidikan Saudi dengan memanfaatkan teknologi dan transformasi digital untuk mengimbangi pertumbuhan lokal dan internasional.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/624700/SAUDI-ARABIA/84000-private-school-students-expected-to-benefit-from-TETCOs-Masruf-system-this-year

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini