Kamis 20 Oct 2022 07:50 WIB

Koin Dirham Emas Era Umayyah Dilelang

Koin dinar emas abad keenam itu berasal dari kekhalifahan Umayyah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Koin emas era umayyah
Foto: Dok Isitimewa
Koin emas era umayyah

IHRAM.CO.ID,LONDON –Sebuah koin dinar emas langka yang diperkirakan jenis dinar emas pertama akan dilelang akhir bulan ini. Diperkirakan koin itu bisa terjual dengan harga lebih dari 1 juta poundsterling. Seperti dilansir Echo news.co.uk pada Kamis (20/10/2022) koin dinar emas abad keenam itu berasal dari kekhalifahan Umayyah yang memerintah dari 660-750 Masehi. Koin dinar emas tersebut dikatakan langka karena frasa bahasa Arab yang tertulis pada koin dinar emas itu.

Ma'din Amir al-Mu'minin atau yang berarti Amirul Mukminin, adalah sebuah gelar formal bagi penguasa komunitas Muslim. Itu digunakan selama sekitar tiga tahun, menurut Classical Numismatic Group (CNG) yang mengorganisir pelelangan. CNG mengatakan itu adalah koin pertama dari tahun 711-712, sesuai dengan tahun ke-93 Hijrah, yang dilelang. Menurut CNG Koin itu diperkirakan berharga 700.000 poundsterling tetapi bisa bernilai lebih dari 1 juta poundsterling.

Baca Juga

“Dinar Umayyah yang kecil dan luar biasa adalah dokumen sejarah yang kecil, indah, dan sangat langka," kata Stephen Lloyd seorang spesialis koin Islam di CNG.

Dia menambahkan bahwa bukti menunjukkan koin-koin itu hanya pernah dicetak dalam jumlah kecil, yang konsisten dengan kelangkaannya yang besar saat ini.

 

Dinar emas berasal dari masa Kekhalifahan Umayyah (Kelompok Numismatik Klasik). Koin itu juga mengacu pada khalifah Umayyah keenam, Al-Walid I.

Dia menaklukkan Afrika barat laut, Spanyol dan Asia Tengah bagian bawah dan membangun Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Agung Damaskus. Koin tersebut akan ditawarkan di lelang Islami CNG di London pada 27 Oktober.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement