Senin 31 Oct 2022 20:45 WIB

Desain-Desain Seni Arabes

Bila dilihat dari desainnya, maka desain arabes terbagi dua.

  Salah satu bentuk seni Arabes.
Foto: starsinsymmetry.com
Salah satu bentuk seni Arabes.

IHRAM.CO.ID, Bila dilihat dari desainnya, maka desain arabes terbagi dua, yakni arabes terangkai dan arabes terpisah.

Arabes terangkai

Baca Juga

Arabes terangkai merupakan kesatuan pola tumbuh-tumbuhan yang didenaturalisasikan. Susunannya seperti organisme tetumbuhan yang hidup, atau dalam gaya yang menyerupainya di alam.

Rangkaian bentuk arabes ini bersifat tak terbatas, jika dilihat dari segi artistik dan makna menggambarkan kepercayaan dan filosofi religiusitas Islam. Arabes terangkai tersusun dari batang-batang, dedaunan, serta bunga-bunga dari tumbuhan yang terangkai dengan indah tanpa batas untuk menghiasi bangunan masjid, madrasah, maupun istana. 

Allah SWT yang keagungan-Nya melampaui batas penalaran manusia menjadi inspirasi bagi para seniman Muslim. Mereka membuat arabes terangkai dengan kesan tumbuhan yang tak terbatas. Hal ini berbeda dengan citra manusia dan binatang yang merupakan simbol dari dunia fana semata.

Arabes terpisah

Arabes terpisah merupakan desain arabes tunggal, baik dalam pola geometris maupun pola tumbuhan. Namun demikian, jenis desain ini dalam pemakaiannya sering juga terpadu dengan unit lain yang tersusun sedemikian rupa, sehingga menghasilkan pola yang lebih besar, masing-masing berupa unit kecil dan elemen tunggal. Desain arabes terpisah dapat menyerupai sebuah kebun yang indah maupun sebuah permadani. 

Penerapan arabes terpisah digunakan untuk mendekorasi ubin maupun permukaan dinding masjid dan madrasah. Adanya pengulangan dalam pola arabes terpisah juga mencitrakan kesan yang tak terbatas sebagai makna dari keberadaan Allah SWT yang sifatnya tak terbatas. Desain arabes terpisah juga pernah digunakan untuk menghias naskah Maqamat al-Hariri, Syah Namah Firdausi, dan Masnawi Jalaluddin Rumi.

Namun, dalam perkembangannya, desain seni arabes tak hanya monopoli arabes terangkai dan terpisah. Kedua desain arabes ini kemudian berkembang lagi dengan desain gabungan atau kombinasi antara keduanya. Maka, dikenallah seni arabes kombinasi.

Dalam sebuah karya arsitektur, jenis arabes yang digunakan bukan hanya salah satu dari kedua jenis tersebut, tetapi banyak yang merupakan kombinasi dari arabes terangkai dan arabes terpisah. Seorang seniman harus memiliki kemampuan khusus agar bisa membuat arabes tersebut, sehingga membentuk arabes kombinasi yang tersusun dengan baik dan indah.

Untuk membentuk arabes kombinasi terdapat beberapa cara di antaranya, bagian muka bangunan didekorasi dengan arabes terpisah yang terdiri atas rangkaian kotak-kotak berpinggiran sendiri. Kemudian, pada bagian bawahnya dihias dengan arabes terangkai yang terdiri atas rangkaian dedaunan, bunga-bunga, tangkai-tangkai yang digayakan dan diiringi pola geometri.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement