Selasa 08 Nov 2022 22:25 WIB

Baznas dan Bayt Zakat Mesir Siap Berkolaborasi

Baznas dan Bayt Zakat Mesir sepakat perkuat kerja sama.

Direktur Majelis Hukama Muslimin (MHM) Indonesia, Muchlis M Hanafi.
Foto: dok. istimewa
Direktur Majelis Hukama Muslimin (MHM) Indonesia, Muchlis M Hanafi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) sepakat untuk memperkuat kerja sama dengan Bayt Zakat dan Sedekah Mesir dalam berbagai bidang, salah satunya terkait perzakatan.

"Baznas RI siap berkolaborasi dengan lembaga-lembaga zakat, di tingkat lokal, regional, dan internasional, termasuk Bayt Zakat dan Sedekah Mesir," ujar Muchlis dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga

Kesepakatan ini dibahas bersama dalam pertemuan antara Sekretaris Jenderal Bayt Zakat dan Sedekah Mesir Muhammad Amru Lutfi dan Sekretaris Baznas RI Muchlis M. Hanafi. Pertemuan berlangsung di gedung perkantoran (Masyiyakhah) Al-Azhar, Mesir, Senin (7/11).

Lebih lanjut, Muchlis mengatakan selain perzakatan, kedua lembaga bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang agama dan kebudayaan serta memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

 

Muchlis menjelaskan kepada Bayt Zakat Mesir soal prinsip dalam pengelolaan zakat di Indonesia yang sering dikemukakan Pimpinan Baznas, yaitu aman syar?i, aman regulasi, dan aman NKRI.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Bayt Zakat Muhammad Amru Lutfi menyambut baik kunjungan Baznas RI. Dia berharap peningkatan kerja sama kedua lembaga dalam pengelolaan zakat dapat terwujud dan semakin diperkuat.

Menurutnya, Bayt Zakat Mesir adalah sebuah lembaga independen yang didirikan pada 9 September 2014. Keberadaan lembaga ini berada di bawah supervisi Grand Syeikh Al-Azhar, Prof. Dr. Syeikh Ahmad Al-Thayyib.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, pengalaman dalam memberikan pelayanan keagamaan, terutama pengelolaan zakat dan haji menarik perhatian lembaganya.

"Saling tukar pengalaman antar-lembaga zakat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan peran lembaga zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai tuntunan syariat," ujarnya.

Kunjungan Muchlis M. Hanafi ke Bayt Zakat dan Sedekah Mesir ini dilakukan di sela kegiatan Baznas RI di Mesir, berupa peluncuran beasiswa cendekia Baznas di KBRI Kairo bersama Wakil Presiden RI.

Baznas juga memberikan beasiswa kepada 300 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Mesir dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement