Gempa di Turki Picu Kepanikan Warga

Rabu , 23 Nov 2022, 10:50 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
 Tenda yang didirikan di stadion sepak bola untuk warga yang tetap kehilangan tempat tinggal setelah gempa 30 Oktober terlihat di Izmir, Turki, Rabu, 4 November 2020.
Tenda yang didirikan di stadion sepak bola untuk warga yang tetap kehilangan tempat tinggal setelah gempa 30 Oktober terlihat di Izmir, Turki, Rabu, 4 November 2020.

IHRAM.CO.ID,ANKARA -- Gempa 5,9 skala Richter guncang sebuah kota di barat laut Turki. Pada Rabu (23/11) badan penanggulangan bencana Turki mengatakan Gempa menimbulkan kepanikan tapi tidak ada laporan kerusakan besar. 

 

Terkait

Pusat Gempa terjadi di kota Golkaya, Provinsi Duzce, sekitar 2.000 kilometer sebelah timur Istanbul. Guncangan terjadi pada pukul 04:08 pagi waktu setempat dan dirasakan hingga Istanbul, ibukota Ankara dan sebagian daerah lain. 

Tercatat ada 35 gempa susulan. Guncangan itu membangunkan warga dari tidurnya. Warga bergegas keluar rumah dengan panik karena pernah mengalami gempa sebelumnya. 

Listrik di wilayah terdampak gempa diputus. Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan 22 orang dirawat dirumah sakit atas luka karena panik. 

Termasuk para warga yang lompat dari balkon atau jendela rumah mereka. Stasiun televisi swasta NTV melaporkan salah satunya mengalami luka serius. 

Gubernur Duzce Cevdet Atay mengatakan sekolah-sekolah di wilayah itu ditutup sebagai langkah pencegahan. Sekitar 800 orang tewas dalam gempa keras yang mengguncang Duzce pada 12 November 1999. 

Pada tahun itu 17 ribu orang tewas oleh gempa bumi keras lainnya hanya menghancurkan Provinsi Kocaeli dan wilayah lain di timur laut Turki. Negara itu berada di atas garis patahan bumi dan sering diguncang gempa bumi. n Lintar Satria/Reuters 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini