Kamis 15 Dec 2022 22:22 WIB

Abdurrahman III, Sang Pemenang

Abdurrahman III khalifah pertama Dinasti Umayyah di Cordoba, Spanyol.

Kota Cordoba
Foto:

Pemerintahan yang dipimpinnya menjadi begitu kuat, lantaran disokong oleh kekuatan militer yang tangguh baik di darat mapun laut. Kekuatan militer yang dimilikinya sangat disiplin. ''Barangkali kekuatan militer Abdurrahman III adalah yang terbaik di dunia,'' ungkap Sejarawan Barat, Reinhart Dozy.

Atas dasar itulah, Abdurrahman III melepaskan diri dari kekuasaan dan pengaruh dari Dinasti Abbasiyah, di Baghdad. Bermodalkan kekuatan militer di darat dan laut, Kekhalifahan Cordoba pun mampu merebut wilayah Mediterania dari kekuasaan Dinasti Fatimiyyah yang berpusat di Mesir dan Afrika Utara. Ketangguhan militer yang dikuasai pemerintahan Abdurrahman pun membuat posisinya lebih kuat dari raja-raja Kristen di Utara, seperti Raja Leon.

Pengaruh dan kekuasaan yang luar biasa mampu membuat raja Bizantium, raja Jerman, Prancis, serta Italia takut dan segan kepada Abdurrahman III. Sebagai bentuk pengakuan atas kebesaran dan kehebatan sang Khalifah, setiap kerajaan Kristen pun mengirimkan duta besarnya di Cordoba. Begitu pula, duta besar Kekhalifahan Cordoba pun ditempatkan di kerajaan Kristen yang tersebar di Eropa.

Selama Khalifah Abdurrahman III berkuasa selama 32 tahun, rakyat yang berada di wilayah kekuasaan Kekhalifahan Cordoba hidup dalam kesejahteraan, kemakmuran dan kedamaian. Sarana prasarana transportasi yang dibangun di era kepemimpinannya telah membuat sektor industri dan perdagangan berdenyut. Para pebisnis dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong datang ke Cordoba.

Tak salah bila kemudian rakyat begitu mencintai Abdurrahman III. Sejak sang khalifah naik tahta, beragam harga kebutuhan pokok terus turun dan makin terjangkau. Inilah yang membuat rakyat hidup makin sejahtera, karena setiap strata sosial mampu membeli barang-barang yang mereka butuhkan. Roda perekonomian tak hanya digerakkan perdagangan dan bisnis. Sang khalifah memperkuat pilar perekonomian negera yang dipimpinnya dengan membangun sektor pertanian dan perkebunan. Secara sistematis, jaringan irigasi dibangun di sentero negeri untuk mengairi areal pertanian serta memenuhi kebutuhan rakyatnya akan air bersih.

Berkat kedamaian dan kepastian hukum yang tercipta di era kepemimpinan Abdurrahman III, sederet industri raksasa berdiri di setiap wilayah di Spanyol. Cordoba, Seville, dan Akmeria pun menjadi sentra industri penting di kekhalifahan itu. Semua sektor itu menyumbang pemasukan yang begitu besar. Pendapatan kekhalifahan Cordoba mencapai lebih dari 12 juta keping dinar (koin emas) per tahun.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement