Senin 02 Jan 2023 13:47 WIB

Arab Saudi Masih Dilanda Hujan Deras, WNI Diminta Waspada

Hujan deras masih melanda Arab Saudi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Hafil
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH - Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi memprediksi cuaca di sejumlah bagian negaranya, hingga Ahad (1/1/2023). NCM menaikkan peringatan hujan untuk wilayah Jeddah, Rabigh, dan Al-Kamil.

NCM juga menyiagakan penduduk Mekah karena hujan lebat akan mulai pada Ahad malam. Peringatan ini akan tetap aktif hingga Senin (2/1/2023) pukul 15.00 waktu setempat.

Baca Juga

NCM mengatakan bahwa prakiraan tersebut mengindikasikan berlanjutnya situasi hujan, dari hujan sedang hingga lebat disertai aktivitas angin permukaan, gelombang tinggi, hujan es, hujan lebat, dan jarak pandang rendah. CEO Pusat Dr. Ayman Ghulam mengatakan bahwa ramalan memperkirakan hujan lebat akan turun dari Ahad malam di Jeddah, Thuwal, Rabigh, Al-Kamil, Ibukota Suci, Taif, Al-Hada, Al-Shifa, Al-Shuaiba dan Al-Laits.

"Hujan deras ini meluas ke wilayah Madinah dan provinsinya, termasuk pantai, dan kemudian meluas ke timur ke wilayah Riyadh, Hail, Qassim, wilayah timur, timur laut dan utara, termasuk wilayah Al-Jouf dan Wilayah Perbatasan Utara," ujar Ghulam seperti dilansir laman Saudi Gazette, Senin (2/1/2023).

"Salju lebat akan turun di wilayah utara Arab Saudi, dan kabut tebal akan terbentuk pada Senin dini hari," imbuhnya.

Imbauan untuk WNI

Konjen RI di Jeddah, Eko Hartono mengatakan, cuaca di wilayah perwakilannya mengalami hujan mulai dari sedang hingga intensitas yang tinggi. Menurut pantauannya, belum ada laporan banjir maupun korban dari Warga Negara Indonesia (WNI) di Jeddah akibat cuaca di negara tersebut.

"Tadi malam di Jeddah hujan disertai guntur, cukup deras tapi tidak begitu lama dan terdapat beberapa genangan, tapi saya belum dengar ada yang banji," ujar Eko kepada Republika, Senin (2/1/2023). "Sejauh ini tidak ada WNI terdampak," imbuhnya.

Eko mengimbau para WNI, termasuk para jamaah umroh di wilayah KJRI Jeddah seperti Jeddah, Mekah, dan Madinah tetap menghindari keluar rumah pada saat terjadi hujan deras. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjebak dalam genangan atau banjir.

"Di Saudi kita menghadapi kemungkinan ketidakpastian cuaca disertai hujan, dimohon kepada para WNI, termasuk para jamaah umroh di wilayah KJRI Jeddah seperti Jeddah, Makkah dan Madinah, agar meningkatkan kewaspadaan," tukas Eko.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement