IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi telah memberikan serangkaian layanan berkualitas kepada pengunjung Masjidil Haram untuk menjamin kenyamanan jamaah, dan pengunjung masjid.
Dilansir dari laman Riyadh Daily pada Selasa (14/2/2023), Layanan yang diberikan kepada jemaah dan pelaku umroh termasuk membagikan booklet dan leaflet kepada 1.100 pengunjung, meningkatkan kesadaran melalui kode QR yang berisi informasi panduan, mengamankan panggilan virtual dengan mufti menggunakan teknologi canggih, dan dengan personel Kepresidenan yang tersedia di seluruh Masjidil Haram. Sekitar 85.676 pengunjung mendapat manfaat dari layanan kesadaran.
Dari jumlah pengunjung, 2.471 orang dibantu untuk melakukan tawaf oleh personel Kepresidenan yang bekerja untuk memfasilitasi pelaksanaan ritual tersebut.
Untuk memastikan kondisi higienis, digunakan 130 ribu liter disinfektan, 2.650 liter penyegar, 32.100 liter pembersih karpet, 5.100 liter pembersih tangan, 2.300 liter yang digunakan oleh robot untuk sterilisasi, 2.100 liter pembersih bio-care dan 32 ribu liter pembersih permukaan.
Adapun di antara layanan yang diberikan, 365 gelang dibagikan kepada pengunjung yang lebih muda, 27.856 orang diberikan konseling khusus dalam beberapa bahasa, 900 orang mendapat manfaat dari layanan manusia dan sosial. Kemudian sebanyak 16.100 sajadah dibagikan, dan 100 botol wewangian diberikan di pintu masuk Masjidil Haram.