Sabtu 11 Mar 2023 23:30 WIB

Pakistan Mulai Terima Pendaftaran Haji 2023

Pendaftaran haji 2023 di Pakistan dibuka.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Polisi Arab Saudi berbicara dengan Jamaah haji Pakistan saat  melintasi Kota Mina, Makkah, Arab Saudi, Jumat (9/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara akan memulai berwukuf di tempat ini sebagai syarat sah berhaji.
Foto: Amr Nabil/AP
Polisi Arab Saudi berbicara dengan Jamaah haji Pakistan saat melintasi Kota Mina, Makkah, Arab Saudi, Jumat (9/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara akan memulai berwukuf di tempat ini sebagai syarat sah berhaji.

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Pemerintah Pakistan melalui otoritas terkait saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji 2023. Menteri Federal Urusan Agama dan Kerukunan Antaragama, Mufti Abdul Shakoor, mengumumkan pendaftaran bagi calon jamaah yang menerima undangan dari kementerian bisa dilakukan mulai 16 Maret nanti.

Daam konferensi pers setelah Kebijakan Haji 2023 disetujui, Shakoor menegaskan bahwa pendaftaran haji ini dapat diajukan ke 14 bank yang telah ditunjuk.

Baca Juga

Dilansir di Pakistan Observer, Sabtu (11/3/2023), warga Pakistan yang bepergian dari wilayah utara, seperti Islamabad, Lahore, Peshawar, Multan, Faisalabad, Rahim Yar Khan dan Sialkot harus membayar 1,175 juta rupee atau setara Rp 65,2 juta. Sementara bagi jamaah di wilayah Selatan membayar Rs1,165 juta atau Rp 64,6 juta.

Berdasarkan perincian yang ada, Menteri Abdul Shakoor mengatakan perkiraan biaya untuk wilayah utara di bawah skema haji sponsor adalah 4.325 dolar dan 4.285 dolar untuk wilayah selatan.

Ia pun menilai harga tersebut wajar, dengan membandingkan biaya haji negara Afghanistan, India, dan Bangladesh.

Atas permintaan yang ada, Arab Saudi disebut telah membatasi biaya haji. Di sisi lain, Departemen Keuangan Pakistan telah berjanji memberikan 90 juta dolar untuk memfasilitasi jamaah.

Menteri Urusan Agama ini melanjutkan, biaya haji tahun 2023 ini mengalami peningkatan setelah devaluasi besar-besaran mata uang lokal.

Ia juga mengumumkan kuota haji tahun ini adalah 179.210 orang. Pemerintah disebut telah melakukan upaya habis-habisan, untuk memberikan bantuan maksimal kepada jamaah di tengah inflasi yang tinggi.

Di sisi lain, Pakistan International Airlines (PIA) telah mengumumkan memulai operasi penerbangan haji pada 21 Mei. Proses ini disebut akan berlanjut hingga 2 Agustus.

Dalam sebuah pernyataan, PIA mengatakan akan mengangkut lebih dari 38.000 calon jamaah haji ke Hijaz-e-Muqaddas selama operasi penerbangan haji.  

Sumber:

https://pakobserver.net/pakistan-to-start-receiving-hajj-applications-from-march-16/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement