Selasa 04 Apr 2023 16:50 WIB

Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Sewa Umroh

Permintaan penerbangan sewa oleh agen travel meningkat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung berfoto di kawasan bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Sewa Umroh
Foto: Dedhez Anggara/ANTARA FOTO
Pengunjung berfoto di kawasan bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Sewa Umroh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberangkatan jamaah umroh selama Ramadhan diperkirakan terus meningkat. Permintaan penerbangan sewa oleh agen travel juga meningkat. 

"Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat siap melayani penerbangan sewa umroh yang akan mulai dilaksanakan pada 15 April 2023," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni, dalam keterangan resminya, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Maria menyambut baik geliat di industri penerbangan terutama di Bandara Kertajati. Terlebih telah terdapat dukungan fasilitas operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang secara fungsional sudah dibuka.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan sudah memastikan Tol Cisumdawu akan segera beroperasi penuh pada 15 April 2023 mendatang, sehingga diharapkan akan semakin mempermudah akses dari/ke Bandara Kertajati.

Maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT-068 akan melayani penerbangan charter umroh dengan rute Kertajati (KJT)-Madinah (MED) menggunakan pesawat Airbus A330-300.

Untuk kelancaran pelayanan penerbangan umroh tersebut, Kristi menegaskan kepada maskapai serta penyelenggara bandar udara agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta mengedepankan pelayanan terhadap penumpang.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk personil yang bertugas di bandara," kata Kristi.

Ia pun berharap dengan adanya penerbangan umroh dari Bandara Kertajati akan menjadi stimulus untuk penerbangan lainnya baik domestik dan internasional agar bisa dilaksanakan melalui Bandara Kertajati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement