Jumat 12 May 2023 21:32 WIB

Teknologi Pembersihan Karpet di Masjidil Haram

2 Ribu Karpet Bersih Dipasok Setiap Pekan ke Masjidil Haram

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Cara pembersihan karpet masjidil Haram.
Foto: saudigazette
Cara pembersihan karpet masjidil Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Sebanyak 2.000 karpet bersih dipasok setiap minggu ke Masjidil Harom di Makkah oleh departemen khusus yang didirikan di Kudai. Masjid ini memiliki 35.000 karpet dan semuanya harus dibersihkan dan wangi.

"Maget di Masjid Agung itu mewah, karena lebih dari 35.000 karpet diletakkan sehingga para jamaah melakukan sholat mereka dengan segala hormat dan ketenangan," kata asisten direktur jenderal untuk urusan pelayanan di Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Jaber Ahmed Al-Wada'ani, dilansir dari Arab News, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga

Menurut Al-Wada'ani karpet masjid yang hijau memiliki dampak positif kepada jiwa pengunjung. Karenanya departemen pembersihan karpet juga memiliki peralatan berteknologi tinggi terbaru untuk membersihkan, mencuci, dan menjaga kualitas karpet agar tetap indah.

"Sebuah tim spesialis mengawasi operasi ini untuk memastikan implementasi sesuai dengan prinsip teknis yang ditetapkan dan untuk memastikan bahwa mereka bebas dari cacat apa pun," jelasnya.

Tahap pertama membersihkan karpet dimulai dengan menghilangkan kotoran dan debu otomatis menggunakan teknologi berkualitas tinggi. Kemudian, tahap kedua adalah mencuci dan membersihkan karpet secara otomatis dengan disinfektan, air, dan deterjen khusus, lalu membilasnya dengan air.

“Kemudian tahap ketiga, di mana karpet ditempatkan ke dalam tabung khusus untuk menghilangkan kelebihan air,” kata Al-Wada'ani. 

Tahap keempat dan terakhir melihat karpet diletakkan untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar, dengan kipas untuk mempercepat proses pengeringan.

Karpet kemudian disapu dengan sapu modern khusus, dibersihkan dan diberi pewangi dengan air mawar Taif yang terkenal di Kerajaan. Kemudian mereka dikirim untuk pengemasan dan penyimpanan.

Menurut Al-Wada'ani, ini adalah karpet mewah Saudi yang dibuat khusus untuk dua masjid suci, dibedakan oleh benang lembut, tumpukan yang lebih tebal, dan kualitas sedemikian rupa sehingga mereka tidak terpengaruh oleh pencucian berulang.

“240 meter karpet dicuci per jam dan kemudian disimpan di gudang khusus penyimpanan. Gudang menyimpan sekitar 26 ribu karpet siap untuk diangkut ke Masjidil Haram,” kata Al-Wada'ani.

Departemen pembersihan karpet memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan mesin terbaru untuk menjaga karpet dari kerusakan. Untuk pencucian mendesak, Masjidil Haram sendiri memiliki mesin untuk tujuan ini.

"Tim khusus juga menyapu, membersihkan, dan mensterilkan karpet sepanjang waktu, serta mengatur arah mereka menuju kiblat," kata Al-Wada'ani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement