Selasa 23 May 2023 11:25 WIB

Mau ke Raudhah? Jamaah Haji Daftar Dulu di Aplikasi Nusuk

Dengan aplikasi Nusuk, jadwal kunjungan ke Raudhah bisa lebih terencana.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim mengantre untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya Abu Bakar dan Umar bin Khattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Mau ke Raudhah? Jamaah Haji Daftar Dulu di Aplikasi Nusuk
Foto: Republika/Prayogi
Umat muslim mengantre untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya Abu Bakar dan Umar bin Khattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (4/5/2023). Mau ke Raudhah? Jamaah Haji Daftar Dulu di Aplikasi Nusuk

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Menjadi harapan seluruh jamaah haji untuk bisa sholat, doa, dan dzikir di Raudhah (Taman Surga). Namun, berbeda dengan kebijakan sebelumnya, untuk menuju Raudhah, jamaah harus lebih dulu mendaftar via aplikasi nusuk.

Dalam situs Nusuk.sa dijelaskan jika Nusuk merupakan platform perencanaan, pemesanan, dan pengalaman resmi pertama, untuk membuat rencana perjalanan haji atau umrah Anda ke Makkah, Madinah, dan sekitarnya. Dengan Nusuk, jamaah dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh kunjungan mereka, mulai dari mengajukan e-Visa hingga memesan hotel dan penerbangan.

Baca Juga

Aplikasi ini bisa diunduh oleh mereka yang akan menjalankan ibadah umroh atau haji. Seperti yang Republika.co.id lakukan saat berada di Madinah.

Berikut langkah-langkah unduh dan daftar aplikasi Nusuk.

1. Kunjungi aplikasi Appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka.

 

2. Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih "New User".

3. Masuk ke pengisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email dan password akun Nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya lalu tekan register.

4. Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi Nusuk.

5. Berhasil. Saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email.

6. Selesai di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke Raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah, aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan sebagai bukti ke askar saat berkunjung ke Raudhah.

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana. Jika memungkinkan, keluarga jamaah juga bisa bantu unduh dan registrasi sebelum orang tua atau kerabatnya berangkat sehingga memudahkan saat di Madinah. Untuk pendaftarannya, bisa dibantu petugas haji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement