Jumat 02 Jun 2023 10:00 WIB

Apa Kegiatan Jamaah Haji di Makkah Sambil Menunggu Wukuf?

Jamaah haji menunggu wukuf di Makkah satu pekan hingga 26 hari.

 Apa Kegiatan Jamaah Haji di Makkah Sambil Menunggu Wukuf? Foto: Jamaah haji bersiap menuju Makkah di Hotel Abraj Tabah, Kamis (2/6/2023).
Foto: Agung Sasongko/Republika
Apa Kegiatan Jamaah Haji di Makkah Sambil Menunggu Wukuf? Foto: Jamaah haji bersiap menuju Makkah di Hotel Abraj Tabah, Kamis (2/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Fuji Eka Permana dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia yang telah melaksanakan sholat 40 waktu di Madinah akan diberangkatkan ke Makkah secara bertahap. Pada Kamis (1/6/2023), sebanyak 1.897 jamaah haji Indonesia dari Madinah tiba di Makkah.

Baca Juga

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H, Subhan Cholid, menyampaikan, jamaah haji dari Madinah mulai diberangkatkan ke Makkah pada Kamis (1/6/2023). Puncak ibadah haji atau wukuf diperkirakan pada 26 atau 27 Juni 2023.

"Artinya masih ada sekitar 26 hari lagi, kegiatan apa yang dilakukan oleh jamaah haji pada umumnya di Makkah, jamaah haji mengisi waktu-waktu tersebut dengan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram," kata Subhan kepada Republika di Makkah, Kamis (1/6/2023).

Subhan menyampaikan, jamaah haji bisa melaksanakan sholat lima waktu di Masjidil Haram. Ada juga kegiatan itikaf dan mengkhatamkan Alquran di Masjidil Haram.

Di Masjidil Haram sebelum puncak ibadah haji, biasanya banyak ulama melakukan kajian-kajian bersama para jamaah semacam halaqah. Jamaah haji Indonesia juga bisa mengikuti kegiatan kajian-kajian di Masjidil Haram sambil menunggu puncak ibadah haji.

Bagi jamaah haji lansia, Subhan mengatakan, para pembimbing ibadah dan konsultan ibadah akan mengunjungi mereka di hotelnya masing-masing.

"Para pembimbing ibadah dan para konsultan ibadah setiap hari dan setiap waktu mereka akan melakukan kunjungan (ke jamaah haji lansia) untuk sosialisasi manasik haji dan keutamaan-keutamaan ibadah di Masjidil Haram dan lain sebagainya," ujar Subhan.

Subhan menegaskan, Insya Allah jamaah haji akan memiliki kegiatan yang cukup di Makkah sambil menunggu puncak ibadah haji.

Sebagai informasi, pada Kamis (1/6/2023) malam waktu Arab Saudi, jamaah haji Indonesia dari Madinah yang datang pertama ke Makkah sampai dalam dua glombang.

Gelombang pertama tiba pada pukul 20.00 waktu Arab Saudi dan terbagi dalam tiga kloter. Di antaranya kloter JKG 1 (Jakarta 1) dengan jumlah jamaah 390 orang, mereka tiba di hotel sektor sembilan. Kloter SOC 1 (Solo 1) dengan jumlah jamaah 360, mereka tiba di sektor sepuluh. Kloter UPG 1 (Ujung Pandang 1) dengan jumlah jamaah 392, mereka tiba di sektor tiga.

Gelombang kedua datang pada Kamis (1/6/2023) pukul 22.00 waktu Arab Saudi. Di antaranya keloter BTJ 1 (Batam 1) dengan jumlah jamaah 393 orang, mereka tiba di sektor delapan. Kemudian kloter KNO (Kualanamu 1) dengan jumlah jamaah 359, mereka tiba di sektor sembilan.

Maka total jamaah haji Indonesia yang akan datang ke Makkah pada Kamis (1/6/2023) malam ada sebanyak 1.899 orang dengan catatan dua jamaah sakit dan di rawat di Madinah, sehingga menjadi 1.897 jamaah haji saja yang datang pada Kamis (1/6/2023) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement