Selasa 06 Jun 2023 04:53 WIB

Jamaah Haji Diharapkan Doakan yang Terbaik Buat Pemerintah Selama di Tanah Suci

Pemkab Pangandaran melepas keberangkatan 403 jamaah haji.

Rep: Bayu Adjie Prihammanda/ Red: Erdy Nasrul
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melepas keberangkatan calhaj asal Kabupaten Pangandaran, Senin (5/6/2023).
Foto: Dok. Republika
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melepas keberangkatan calhaj asal Kabupaten Pangandaran, Senin (5/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, melepas keberangkatan sebanyak 403 calon jamaah haji (calhaj) asal daerahnya di Bumi Perkemahan Pramuka Pamugaran, Kabupaten Pangandaran, Senin (5/6/2023). Para jamaah haji itu akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Embarkasi Bekasi sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi pada Rabu (7/6/2023).

Menurut Jeje, kuota pada tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan dua tahun belakang. Pasalnya, saat ini pandemi Covid-19 sudah mereda. Namun, para calhaj yang lanjut usia (lansia) juga lebih banyak yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Baca Juga

Karena itu, ia mengingatkan para calhaj asal Kabupaten Pangandaran untuk selalu menjaga kesehatan. "Tadi saya bilang jaga kesehatan, karena banyak lansia. Saya juga minta pimpinan rombongan untuk memperhatikan semuanya," kata dia, Senin.

Ia juga meminta jamaah untuk fokus melaksanakan ibadah utama dalam menunaikan haji. Artinya, para calhaj tak perlu memaksakan diri melaksanakan ibadah sunnah.

 

Terakhir, Jeje secara khusus meminta kepada para calhaj haji untuk mendoakan Kabupaten Pangandaran agar senantiasa diberikan keberkahan Allah. "Kami mohon doakan Pemerintah Kabupaten Pangandaran agar terus mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Pangandaran," kata dia.

Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, terdapat sebanyak 403 calhaj yang diberangkatkan dari Kabupaten Pangandaran pada Senin. Para calhaj itu akan didampingi oleh delapan orang petugas selama menunaikan ibadah haji. 

Calhaj asal Kabupaten Pangandaran itu akan tergabung dalam kloter 35 JKS, yang akan diterbangkan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi. Pemberangkatan dari bandara akan dilaksanakan pada Rabu sekitar pukul 03.25 WIB menggunakan pesawat Saudi Air Lines.

Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Pangandaran, Hilman Saepuloh, mengatakan terdapat sebanyak 158 orang calhaj yang berusia di atas 65 tahun. Usia calhaj tertua dari Kabupaten Pangandaran yaitu 94 tahun.

"Kami sudah siapkan petugas untuk melayani lansia yang berangkat menunaikan ibadah haji. Karena tagline kami tahun ini ramah lansia," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement