Ahad 11 Jun 2023 18:37 WIB

Cerita Jenaka Jamaah Haji, Pintu Darurat Disangka Pintu Kamar

Bagi jamaah, penting difoto dengan latar belakang tulisan Arab.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Lida Puspaningtyas
Dua jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama berfoto selfie saat akan naik ke pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7).
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Dua jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama berfoto selfie saat akan naik ke pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Selalu saja ada kisah menarik dan jenaka dari para jamaah haji Indonesia di Tanah Suci. Ragam budaya dan kebiasaan jamaah haji Indonesia dari berbagai daerah mewarnai musim haji di kota Makkah, Arab Saudi.

Salah satu kisah jenaka jamaah haji Indonesia diceritakan oleh Petugas Haji Layanan Lansia dan Disabilitas, Solla Taufiq yang bertugas melayani jamaah lanjut usia (lansia) di sektor 5 wilayah Al Shisha, kota Makkah, Arab Saudi.

Di sektor yang dekat pintu jamarat ini merupakan sektor yang dihuni oleh jamaah haji asal embarkasi Palembang (PLM) dan Surabaya (SUB), di sana terjadi kisah jenaka jamaah haji lansia.

Solla bercerita, ada seorang ibu jamaah haji yang berdiri lama di depan pintu darurat hotel. Ibu tersebut nampak mengetuk-ketuk pintu cukup lama.

 

"Saya lihat ibu jamaah haji itu ketuk-ketuk pintu sambil mengatakan Assalamualaikum berulang kali. Kebetulan saya sedang menunggu lift turun ke lantai dasar," kata Solla bercerita kepada Republika, Sabtu (10/6/2023) malam.

Solla kemudian berinisiatif bertanya kepada ibu tersebut, dia menanyakan apa yang ibu itu lakukan.

"Ini mas, saya mau cari teman saya tapi kok enggak ada jawaban," ujar Solla menirukan perkataan ibu tersebut.

Lantas, Solla sambil menahan tawa memberi tahu jamaah haji tersebut bahwa yang diketuk-ketuk itu adalah pintu darurat. Bukan pintu kamar yang ditempati temannya.

"Lho, itu pintu darurat ibu, bukan pintu kamar," ujar Solla sambil tertawa mengingat kejadian tersebut.

Kisah jenaka jamaah haji lainnya yang ditemukan Solla terjadi pada Sabtu (10/6/2023) pagi. Ada seorang jamaah haji ibu-ibu yang berasal dari embarkasi Palembang. Di lobi hotel, ibu tersebut meminta tolong kepada petugas haji untuk memfotonya.

Ibu tersebut bermaksud mengabaikan momen dirinya tinggal di sebuah hotel di Makkah saat melaksanakan ibadah haji. Sekaligus ingin mengirim fotonya kepada keluarganya.

"Mas tolong fotokan saya ya, yang ada tulisan hotelnya," kata jamaah haji tersebut.

Petugas haji menjawab permintaan si ibu tersebut dan menjelaskan bahwa yang dimaksud si ibu tersebut bukan nama hotel tapi tapi tulisan Al Istiqbal dalam bahasa arab yang artinya resepsionis.

Namun jamaah haji ibu-ibu itu menjawab bahwa tidak peduli artinya apa yang penting difoto dengan latar belakang tulisan Arab.

"Enggak apa-apa mas, tulisan hotelnya yang penting bahasa Arab," ujar jamaah haji asal Palembang ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement