Senin 12 Jun 2023 16:30 WIB

Pria India Habiskan Satu Tahun Berjalan Kaki untuk Menunaikan Haji

Jarak jalan kaki yang ditempuh untuk naik haji sepanjang 8.650 km.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Pria India Habiskan Satu Tahun Berjalan Kaki untuk Menunaikan Haji
Foto: The Peninsula Qatar
Pria India Habiskan Satu Tahun Berjalan Kaki untuk Menunaikan Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Seorang pria asal India, Shihab Chottur, melakukan perjalanan yang luar biasa untuk mengejar mimpinya. Ia memiliki cita-cita dapat melaksanakan ibadah haji dalam waktu dekat.

Chottur diberitakan telah berjalan sekitar 8.650 km dalam waktu hampir 382 hari. Hal ini ia lakukan dari kampung halamannya di Kerala menuju Kota Suci Makkah, untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Baca Juga

Ia memulai perjalanan pada 2 Juni 2022, yang mana membawanya melewati berbagai negara termasuk Pakistan, Iran, Irak dan Kuwait. Setelah satu tahun, akhirnya ia tiba di tempat tujuan yang diinginkan pada Juni 2023.

Dilansir di Peninsula Qatar, Senin (12/6/2023), ia disebut menemukan tempat penampungan sementara di Sekolah Anak Aafiyah di Khasa, Amritsar, Punjab.

 

Pada Februari 2023, setelah mendapatkan visa transit, Chottur melanjutkan perjalanannya setelah empat bulan berhenti di Pakistan.

Ia pun berbagi beberapa kesulitan yang dia hadapi selama petualangannya. Kepada saluran TV Saudi Al Ekhbariya, pria Kerala itu mengatakan telah bertemu hewan predator di Iran dan bertahan dalam cuaca dingin yang keras.

Dalam perjalanannya tersevut, Chottur membawa makanan, air, pakaian, serta kayu yang berguna untuk menyalakan api selama malam-malam yang membekukan.

Meski sempat mengalami kesulitan, Chottur tetap pada tekadnya. Ia berjalan rata-rata 15 km per hari dalam cuaca dingin dan menempuh jarak hampir 50 km per hari dalam kondisi yang lebih baik.

Setelah mencapai Arab Saudi, dia meningkatkan jarak hariannya menjadi 60 km untuk menyelesaikan 440 km terakhir dari Madinah ke Makkah, dalam waktu sembilan hari.

Chottur pun mengungkapkan kebahagiaan dan berkahnya akhirnya bisa menunaikan ibadah haji. Berkaca pada perjalanannya yang luar biasa, ia mengungkapkan harapannya agar kisahnya dapat menginspirasi orang lain.

“Dengan niat baik, Anda dapat mengatasi tantangan apa pun dan mencapai tujuan Anda,” kata dia.  

Sumber:

https://m.thepeninsulaqatar.com/article/11/06/2023/from-kerala-to-makkah-indian-man-walks-over-8500-km-to-fulfil-hajj-dream

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement