Rabu 28 Jun 2023 04:53 WIB

Tujuh Jamaah Haji Indonesia Dilaporkan Meninggal Dunia saat Wukuf

Skenario badal disiapkan untuk jamaah haji lansia.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Muhammad Hafil
Suasana wukuf di Arafah
Foto: REPUBLIKA
Suasana wukuf di Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Agung Sasongko dari Makkah, Arab Saudi

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas meminta jamaah haji baik lansia dan risiko tinggi (risti) agar tidak memaksakan diri mengikuti tahapan puncak ibadah haji apabila memang kondisinya tidak memungkinkan. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah badal.

Baca Juga

"Skenarionya satu-satunya Badal, kita enggak mau memaksakan.Agama itu kan mempermudah, kita berikan alternatif alternatif yang terbaik, kalau secara teknis sudah sangat siap tapi kan di lapangan bisa beda" kata di saat meninjau Pos Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Arafah, Selasa (27/6/2023).

Saat meninjau pos kesehatan, Gus Men menerima laporan ada tujuh jamaah haji yang meninggal dunia saat menjalani wukuf di Arafah. Menurutnya, perlu ada langkah antisipasi saat di Mina. "Khawatir kalau tidak disiapkan kejadian di Mina terulang, ada jamaah mayoritas lansia harus dilanjutkan rukun rukun hajinya," kata dia.

 

Gus Men menginstruksikan Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) untuk mengecek jamaah haji yang dibadalkan." Saya minta pak dirjen data klo memang lebih banyak gapapa, badalkan ya badalkan. Lontar jumroh itu kan bisa dilakukan oleh satu orang,Baik badal jumroh, tawaf Ifadah, " kaya dia.

Gus Men pun memastikan setiap penyenggaraan badal haji baik badal jumroh atau badal keseluruhan bisa dilakukan tanpa ada pungutan biaya. "Saya pastikan semuanya gratis," kata dia

Sementara, Gus Men menilai pelaksanaan wukuf di Arafah berjalan lebih baik. Apalagi dengan kondisi kuota normal yakni lebih dari 200 ribu jamaah berkumpul di Arafah. "Kan gak mudah mengurusnya, seperti air kurang. Kalau kurang pasti, karena enggak ada yang semputna di dunia ini," kata dia.

Menurut Gus Men, semua kebutuhan jamaah telah diupayakan dipenuhi. Ketika ada kekurangan yang muncul maka evaluasi bisa dilakukan. "Pada Jumat sata akan bertemu dengam pihak Saudi untuk semua masalah yang ada," kata diam

Gus Men berada di Arafah guna bersama jamaah haji Indonesia mengikuti wukuf di Arafah. Ketua GP Ansor ini selanjutnya melakukan pemeriksaan kondisi Pos Kesehatan Haji Indonesia di Arafah. 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement