Selasa 26 Sep 2023 22:22 WIB

Jelang Pemilu 2024, Perayaan Hari Nasional Saudi Dihadiri Tokoh Nasional

Saudi berkomitmen berkhidmah melayani tamu Allah.

Jusuf Kalla berbincang dengan UBN
Foto: dok web.
Jusuf Kalla berbincang dengan UBN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari Nasional Saudi ke-93 yang diselenggarakan Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia tampak berbeda. Acara yang berlangsung pada Selasa (25/9/2023) malam itu dihadiri sejumlah tokoh nasional.

Mereka adalah Wakil Presiden Kiai Maruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo, Presiden RI kelima Megawati Sukarnoputri, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla, Chairul Tanjung, dan Ketua Umum Jalinan Alumni Timur Tengah Ustaz Bachtiar Nasir. 

Baca Juga

Dalam acara tersebut, semua tampak cair. Megawati tampak menikmati acara bersama Prabowo yang didampingi Syafri Syamsudin, juga Chairul Tanjung yang nampak akrab sekali dengan Dubes Saudi untuk Indonesia, YM Faisal Abdullah al-Amodi.  Bahkan Ustaz Bachtiar Nasir dan sejumlah tokoh tampak berbincang santai dengan Jusuf Kalla.

Kiai Maruf titip pesan ke UBN

Dalam perhelatan ulang tahun Kerajaan Saudi Arabia ke 98 tahun di hotel Rafles ini dihadiri oleh banyak pejabat, pengusaha papan atas, dan ulama alumni Saudi juga Timur Tengah.  Sebut saja Megawati, Prabowo, Chairul Tanjung, Jusuf Kala, dan Wakil Presiden Kyai Maruf Amin. Beberapa asatidz juga hadir termasuk Kiai Bachtiar Nasir. 

 

Pesta mewah ini berlangsung semalam 25/9 dengan suguhan tarian khas Saudi dan menu makanan ala timur tengah. Ada yang menarik di akhir acara, nampak Kiai Maruf Amin berbincang bersama Kiai Bachtiar Nasir.

Pesan Duta Besar

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi mengatakan Kerajaan Arab Saudi melakukan koordinasi erat dengan Pemerintah Indonesia terkait pelayanan ibadah haji melalui program Inisiatif Rute Makkah.

Inisiatif Rute Makkah adalah program Kerajaan Arab Saudi yang mempermudah jamaah calon haji dari beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk melakukan ibadah haji. Program tersebut memungkinkan jamaah menyelesaikan prosedur masuk ke Arab Saudi di bandara negara asal.

"Kedua belah pihak ingin memperkuat koordinasi ini dan meningkatkan efisiensinya di berbagai isu," kata Amodi  dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-93 di Jakarta, Senin malam.

Faisal mengatakan Kerajaan Arab Saudi terus menggunakan seluruh kemampuannya untuk melayani para jamaah.

Menurutnya, hal itu adalah suatu kehormatan bagi Arab Saudi, terlebih negara tersebut menerima lebih dari 230 ribu orang jamaah haji asal Indonesia setiap tahunnya.

Ketika disinggung mengenai penambahan kuota haji untuk Indonesia setelah acara, Amodi mengatakan hal itu akan dibahas lebih lanjut karena merupakan keputusan bersama dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Pada kesempatan itu, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud atas fasilitas yang diberikan kepada jamaah Indonesia. Yaqut berharap kuota haji Indonesia dapat ditingkatkan lagi untuk musim selanjutnya.

Arab Saudi merayakan Hari Nasional setiap 23 September untuk memperingati bersatunya Kerajaan Arab Saudi.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement