Sabtu 07 Oct 2023 09:36 WIB

Kekayaan Sejarah di Masjid Agung Aljazair

Aljazair sebenarnya merupakan negara dengan kekayaan sejarah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Agung Tlemcen, Aljazair.
Foto: Exploringtourism.com
Masjid Agung Tlemcen, Aljazair.

REPUBLIKA.CO.ID,ALJIR – Tidak seperti industri pariwisata yang berkembang pesat di negara tetangga Maroko, infrastruktur pariwisata Aljazair sering dikritik karena dinilai belum modern. Negara terbesar di Afrika ini padahal memiliki potensi budaya dan pariwisata yang menarik, terutama dari kekayaan sejarah Masjid Agung Aljazair yang belum banyak dikenal.

Dilansir di Middle East Monitor, Aljazair sebenarnya merupakan salah satu negara Islam yang memiliki kekayaan dan peradaban sejarah. Selain atraksi paling menonjol di gurun Sahara, Aljazair juga memiliki beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO yang menakjubkan dengan menelusuri warisan Kartago, Romawi, dan Islam.

Baca Juga

Pantai Mediteranian yang menakjubkan dan murni serta taman dan taman nasional yang memesona dilengkapi dengan kekayaan keajaiban arsitektur yang menggemakan pengaruh Berber, Arab, Ottoman, dan kolonial Spanyol serta Prancis menjadi daya tarik memikat. Seluruhnya merupakan aspek yang dapat menghubungkan masa lalu Aljazair yang kaya.

Ibu kotanya adalah rumah bagi Notre Dame d'Afrique, sebuah counter-piece dari basilika Notre-Dame de la Garde yang ikonik di Prancis. Di kaki kota Casbah yang terdaftar di UNESCO juga terletak Masjid Ketchaoua, dibangun pada abad ke-17 selama pemerintahan Ottoman sebelum diubah menjadi Katedral selama pemerintahan Prancis. Lalu kemudian dihancurkan, dibangun kembali sebagai gereja dan diubah kembali menjadi masjid.

Aljir rumah bagi bangunan termahal di Afrika

Disebut sebagai masjid terbesar di Afrika, Masjid Agung Aljazair berusia kurang dari dua tahun dan membutuhkan waktu hampir tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Sebelum selesai pada April 2019, gelar masjid terbesar di Afrika adalah milik Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko.

Keputusan untuk membangun masjid terbesar di Afrika mungkin bisa dibilang dikaitkan dengan persaingan yang mengakar antara Aljazair dan Maroko, yang dimulai setidaknya sejak Perang Pasir 1963 dan diperburuk selama bertahun-tahun dengan perbedaan politik dan kedua negara berdiri di sisi yang berlawanan. Yakni konflik yang sedang berlangsung di Sahara Barat.

Para kritikus melihat masjid sebagai proyek kesombongan, yang menghabiskan lebih dari 1 miliar dolar AS uang publik yang seharusnya dapat diinvestasikan dalam menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan berkelanjutan. Masjid ini juga dipandang sebagai simbol pemerintahan lama Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika.

Tetapi orang di belakang proyek itu tidak melihatnya sebagai proyek yang membuahkan hasil. Bouteflika dipaksa turun dari kekuasaan pada bulan yang sama pembangunan masjid selesai, setelah protes massal meletus di seluruh negeri menentang pemerintahan otokratis yang telah berlangsung selama dua dekade.

Ironisnya, sementara Beijing mendapat kecaman dalam beberapa tahun terakhir karena penganiayaan berat terhadap populasi minoritas Muslim Uyghur, masjid itu dibangun oleh Teknik Konstruksi Negara China yang didukung negara. Perusahaan konstruksi tersebut mendatangkan pekerja dari China untuk mengerjakan proyek monumental yang merupakan masjid terbesar ketiga di dunia setelah dua situs paling suci Islam, Masjid Al-Haram Makkah dan Al-Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Agung Aljazair menampilkan arsitektur geometris dan halaman persegi panjang yang glamor, masjid ini dirancang oleh arsitek Jerman. Dengan tinggi 265 meter, masjid ini membanggakan menara tertinggi di Afrika, menurunkan menara setinggi 210 meter Masjid Hassan II Maroko ke posisi kedua. Menara, yang digunakan untuk adzan, dilengkapi dengan lift dan dek observasi yang menghadap ke ibu kota dan Teluk Algiers.

Adapun interior masjid menawarkan arsitektur Andalusia, didekorasi dengan kayu, marmer, dan pualam dan dihiasi dengan kaligrafi Alquran sepanjang enam kilometer dan sajadah berwarna biru kehijauan yang indah. Desain mihrab yang sederhana dan kencang hanya menampilkan dua kolom kecil di kedua sisinya.

Diatapi kubah yang diterangi dengan diameter 50 meter, aula utama dapat menampung sekitar 37 ribu jamaah. Kompleks keseluruhan, bagaimanapun, dapat menampung hingga 120 ribu jamaah dengan ruang parkir di lokasi yang cukup untuk 7.000 mobil.

Kompleks masjid termasuk sekolah Alquran, perpustakaan yang menampung jutaan buku, museum seni Islam, dan pusat penelitian yang didedikasikan untuk sejarah Aljazair. Strukturnya, dirancang untuk menahan gempa berkekuatan 9.0 skala richter, didukung oleh ratusan pilar dan lengkungan setengah lingkaran.

Untuk negara yang tidak kekurangan masjid, baik bersejarah maupun baru, keputusan untuk memulai bangunan yang mahal dan ambisius tersebut patut dipertanyakan. Namun, orang hanya dapat berharap bahwa masjid akan menjadi pusat teologi, budaya dan penelitian sebagaimana mestinya dan akan menarik lebih banyak pengunjung yang ingin menjelajahi negara yang megah ini.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement