Rabu 08 Nov 2023 23:26 WIB

Arab Saudi Luncurkan Bus Listrik di Dammam dan Qatif

Proyek ini bertujuan mendorong budaya transportasi umum.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi meluncurkan bus listrik di Dammam dan Qatif.
Foto: Saudi Gazette
Arab Saudi meluncurkan bus listrik di Dammam dan Qatif.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMMAM -- Otoritas Umum Transportasi (TGA) bekerja sama dengan Perusahaan Transportasi Umum Saudi (SAPTCO) telah meluncurkan bus listrik di Dammam dan Qatif.

Peluncuran tersebut disaksikan oleh Presiden TGA Rumaih Bin Mohammed Al-Rumaih dan Wakil Sekretaris Wilayah Timur Mohammad bin Abdulmohsen Al-Husseini. Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (8/11/2023), peluncuran bagian dari proyek transportasi umum di Dammam dan Qatif, dan juga sebagai perpanjangan dari rangkaian peluncuran bus listrik di Arab Saudi.

Baca Juga

TGA menyatakan bus listrik dirancang sesuai dengan standar terbaru, dan dilengkapi dengan sejumlah fitur yang menggabungkan efisiensi, kenyamanan, dan teknologi modern. Bus listrik tersebut berkapasitas 37 kursi dan dilengkapi dengan baterai 420 kW yang sangat efisien, memungkinkannya beroperasi hingga 18 jam terus menerus.

Baterai yang sangat efisien juga memungkinkan bus menempuh jarak hingga 300 km per pengisian daya. Di dalam bus, juga tersedia jaringan Wi-Fi dan port USB yang sangat dibutuhkan oleh para penumpang.

Peluncuran bus listrik merupakan bagian dari proyek transportasi bus umum di Dammam dan Qatif. Terdapat 85 bus di 8 rute yang mencakup 218 pemberhentian dan jarak 400 km.

Proyek ini bertujuan mendorong budaya transportasi umum, dengan cara yang mendukung tujuan Strategi Transportasi dan Logistik Nasional (NTLS) dengan meningkatkan persentase pengguna transportasi umum menjadi 15 persen pada 2030.

Ini juga bertujuan untuk menyediakan pilihan transportasi yang mudah dan cepat, mengurangi emisi karbon, dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement