Selasa 23 Jan 2024 22:40 WIB

Melihat dari Dekat Abu Al Waul, Gua Terpanjang di Arab Saudi

Gua akan dijadikan objek wisata setelah studi teknis selesai.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Gua Abu Al-Waul, sebagai gua terpanjang di Kerajaan Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Gua Abu Al-Waul, sebagai gua terpanjang di Kerajaan Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Survei Geologi Saudi (SGS) telah menyetujui Gua Abu Al Waul sebagai gua terpanjang di Kerajaan Arab Saudi. Gua yang terletak di Pegunungan Khaybar vulkanik,  di timur laut Madinah ini akan dinominasikan untuk menjadi objek wisata setelah selesainya studi teknis.

Juru bicara SGS, Tariq Aba Al Khail mengatakan, tim geologi khusus dari otoritas mendokumentasikan gua basal terpanjang di Kerajaan, yang panjangnya sekitar lima kilometer.

Baca Juga

“Gua ini akan dinominasikan untuk menjadi objek wisata setelah selesainya studi teknis dalam hal ini. Nama Abu Al Waul diberikan mengingat keberadaan sejumlah besar kerangka Ibex di gua,” katanya, dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (13/1/2024)

Menurut Aba Al Khail, gua ini dianggap sebagai kekayaan turis yang memberi makan proyek geopark yang sedang dikerjakan oleh Departemen Pariwisata Geologi SGS. Selain itu, itu akan berkontribusi untuk membuka bidang yang luas bagi para peneliti dan akademisi di bidang ini.

Zona Bebas Khaybar dianggap sebagai zona bebas terbesar di Kerajaan, dengan luas diperkirakan sekitar 21.500 kilometer persegi. Zona bebas di Kerajaan menempati sekitar 89.700 kilometer, atau sekitar 4,6 persen dari wilayah geografis Kerajaan. Ini adalah negara Arab terbesar dalam jumlah zona bebas, dengan 23 zona bebas besar utama dan jumlah zona bebas kecil yang berbeda.

Harrat Khaybar berisi tiga gunung berapi langka: Jabal Al Baydaa, Jabal Al Abyad, dan Jabal Al Mansaf, yang merupakan batuan vulkanik langka dan unik di Semenanjung Arab. Mereka terdiri atas batuan vulkanik asam abu-abu muda, dan mengandung kaca vulkanik.

Mereka meledak ribuan tahun yang lalu dan kini telah menjadi tujuan bagi para penjelajah, peneliti, pendaki dan turis dari seluruh dunia.

Harrat Khaybar mencakup banyak gua yang berisi berbagai rahasia sejarah, yang telah diidentifikasi sebagai salah satu target wisata dan atraksi bagi mereka yang ingin mengunjungi gua-gua dan menikmati keindahan situs-situs ini, termasuk Gua Umm Hashiwi, Makir Al Shayahin atau Makir Al Suqur, Gua Umm Jarsan, dan Gua Umm Goraimeel.

Jabal Al Qadr, yang terletak di Harrat Khaybar di wilayah Madinah, dengan ketinggian sekitar 400 meter, dianggap sebagai salah satu ladang vulkanik terbesar dan gunung berapi terakhir yang meletus sekitar 1.000 tahun yang lalu, membentuk bentuk estetika unik yang menjadikannya salah satu monumen geologi global terindah, menurut klasifikasi International Union of Geological Sciences (IUGS) dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Visi Saudi 2030 didasarkan pada eksploitasi gua untuk tujuan pariwisata dengan cara yang menguntungkan ekonomi nasional, meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat tentang keberadaan kekayaan seperti itu di Kerajaan dan membantu mengeksplorasi area dan peluang baru yang akan membuat ekowisata gurun di Kerajaan berkembang dalam skala besar. Pekerjaan sedang dilakukan untuk menggali lebih banyak situs seperti itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement