Jumat 16 Feb 2024 21:52 WIB

Gunung di Arab Saudi Diselimuti Salju, Suguhkan Pemandangan Menawan

Pemandangan gunung salju di Saudi ini berpotensi menarik wisatawan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jabal Al-Lawz Arab Saudi Diselimuti salju
Foto: Arab News
Jabal Al-Lawz Arab Saudi Diselimuti salju

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Gunung di Arab Saudi bagian utara, yang tingginya sekitar 2.580 meter di atas permukaan laut, kini menjadi magnet bagi para wisatawan. Gunung tersebut ialah Jabal Al Lawz, bahasa Arab untuk Gunung Almond.

Gunung tertinggi di kawasan Tabuk itu biasanya diselimuti salju di musim dingin. Dinamai demikian karena di gunung tersebut ada banyak pohon almond, sebagaimana dikutip dari Gulf News, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Pada Kamis (15/2/2024) waktu setempat, gunung ini diguyur hujan deras dan salju, sehingga menyuguhkan pemandangan indah yang sungguh menawan dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pemandangan gunung salju di Saudi ini berpotensi menarik wisatawan dan menjadikannya tempat ideal bagi wisatawan musim dingin. Jabal Al Lawz terletak sekitar 200 kilometer dari Kota Tabuk dekat perbatasan Arab Saudi dengan Yordania.

Arab Saudi berupaya menjadi tujuan wisata global sebagai bagian dari skema ambisius untuk merombak perekonomiannya yang bergantung pada minyak. Jumlah wisatawan di kerajaan tersebut melonjak hingga lebih dari 100 juta pada tahun lalu.

Menteri Pariwisata Saudi Ahmed Al Khateeb mengatakan sektor pariwisata kerajaan tahun lalu memenuhi target 100 juta wisatawan termasuk 77 juta pengunjung lokal dan 27 juta kunjungan wisatawan.

Dia mengutip strategi yang dipetakan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman yang membayangkan 150 juta wisatawan di negara itu pada tahun 2030 termasuk 80 juta wisatawan lokal dan 70 juta wisatawan asing. Tujuannya juga untuk menjadikan Arab Saudi masuk dalam peringkat 10 tempat wisata terbaik dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, kerajaan tersebut telah memperkenalkan serangkaian fasilitas yang dirancang untuk menarik lebih banyak wisatawan asing ke negara tersebut. Termasuk penerbitan visa turis pada saat kedatangan atau secara online untuk warga negara dari beberapa negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement