Selasa 14 May 2024 15:12 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Garut Wafat di Madinah, akan Dikebumikan di Pemakaman Baqi

Sebelum wafat, almarhum pingsan akibat serangan jantung di Masjid Nabawi.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Fuji Pratiwi
Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. Satu jamaah haji Indonesia asal Garut bernama Upan Supan Anas (71 tahun) meninggal dunia karena serangan jantung di Kota Madinah, Senin (13/5/2024) WAS.
Foto: Republika/Karta Raharja Ucu
Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. Satu jamaah haji Indonesia asal Garut bernama Upan Supan Anas (71 tahun) meninggal dunia karena serangan jantung di Kota Madinah, Senin (13/5/2024) WAS.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Satu jamaah haji Indonesia meninggal dunia di Kota Madinah Al-Munawwarah, Upan Supan Anas (71 tahun). Jamaah asal Garut, Jawa Barat, ini meninggal dunia pada Senin (13/5/2024) pukul 17.27 Waktu Arab Saudi (WAS).

Almarhum tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS-02). "Almarhum Upan Supan Anas meninggal pada hari Senin. Almarhum akan dibadalhajikan," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Ali Machzumi, di Madinah, Arab Saudi, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga

Ali menjelaskan, sebelum dinyatakan wafat, almarhum pingsan saat berada di Pintu 4 Masjid Nabawi saat hendak melaksanakan Shalat Ashar. Almarhum sempat ditangani tim medis dan dievakuasi ke klinik yang ada di dekat Masjid Nabawi hingga dinyatakan wafat.

Menurut keterangan dokter, kata Ali, almarhum mengalami cardiovascular disease atau gangguan jantung. "Mari kita doakan semoga almarhum wafat dalam keadaan husnul khatimah dan ibadahnya diterima Allah Swt. Almarhum akan dimakamkan di Pemakaman Baqi yang berada di sisi kiri Masjid Nabawi," ucap Ali.

Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Firdaus menambahkan, pihaknya hanya akan merilis data jamaah yang wafat setelah keluar sertifikat kematian atau certificate of death (CoD) dari pihak berwenang di Arab Saudi. "Ini sudah kita informasikan. Artinya CoD nya sudah terbit," kata dia.

Kepala Sektor 2 Madinah Affan Rangkuti menambahkan, pihaknya telah memproses izin pengurusan jenazah. Jenazah almarhum rencananya akan dimandikan di RS Miqot, lalu dijemput untuk dimakamkan di Pemakaman Baqi yang terletak di sisi tenggara Masjid Nabawi pada pukul 13.00 WAS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement