Selasa 14 May 2024 16:04 WIB

Catat! Ini Jadwal Jamaah Haji Masuk Raudhah di Masjid Nabawi

Untuk memasuki Raudhah jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi daftar secara manual.

Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan jamaah haji ketika ingin mengunjungi Raudhah. (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan jamaah haji ketika ingin mengunjungi Raudhah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jurnalis Republika Karta Raharja Ucu melaporkan dari Madinah

 

Baca Juga

Petugas Pelayanan Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi 2024 sudah mengeluarkan jadwal untuk masuk ke Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, bagi jamaah haji Indonesia. Sudah dua kloter jamaah haji dari Surabaya (SUB) dan Palembang (PLM) yang sudah masuk Raudhah pada Selasa (14/5/2024) dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

"Mulai hari ini seluruh kloter akan masuk ke Raudhah," kata Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Sektor Khusus Masjid Nabawi, Syahro Marwan saat ditemui di pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Selasa.

Dijelaskan Syahro, untuk memasuki Raudhah jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi daftar secara manual. Sebab Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan tasreh (surat izin resmi dari kerajaan) untuk jamaah haji yang hendak ke Raudhah.

Sebelum memasuki Raudhah, jamaah haji harus berkumpul di area tunggu pelataran Masjid Nabawi. Tepatnya antara pintu gerbang 360-362 di dekat area pemakaman Baqi. Dijelaskan Syahro Jamaah haji berkumpul satu jam sebelum jadwal masuk Raudhah. Misalnya, jadwal masuk Raudhah jam 02.00 dini hari, maka jamaah haji harus sudah ada di lokasi sejak jam 01.00.

"Jamaah harus sudah di titik kumpul 1 jam sebelum jadwal," kata Syahro.  

PPIH Arab Saudi telah mengatur pengelompokan kunjungan ke Raudhah berdasarkan generasi dan kloter. Kunjungan perdana dini hari tadi dimulai dengan jamaah laki-laki sebanyak 165 jamaah kloter SUB-01 dan 198 jemaah PLM-01.

Sementara itu, jamaah perempuan pertama yang mengunjungi Raudhah yakni kloter JKS-01 dan JKG-02 pada jam 07.30 WAS. Media Center Haji melihat masih ada beberapa jamaah yang datang terlambat ke lokasi titik kumpul dengan berbagai alasan. Padahal petugas sudah mengingatkan kepada setiap ketua rombongan untuk hadir tepat waktu.

"Kami harapkan petugas kloter lebih bisa mendisiplinkan jamaahnya karena Arab Saudi karena sangat disiplin," kata Syahro.

Dua jamaah haji dari Palembang datang terlambat ke lokasi titik kumpul. Dua jamaah tersebut mengaku sudah keluar dari hotel penginapan sekitar pukul dua, tetapi mereka tercecer dari rombongan dan kesulitan mencari lokasi titik kumpul. "Saya sudah keluar dari tadi, keliling cari tempat ini," kata jamaah tersebut.

Terkait hal ini, Syahro mengaku tidak bisa berbuat banyak. Mengingat Kerajaan Saudi sangat disiplin terhadap waktu. Sehingga dia berharap jamaah haji lainnya datang tepat waktu. "Kami akan berusaha bernegosiasi dengan otoritas setempat, tapi kita juga tidak bisa berharap banyak, mudah-mudahan masih bisa diakomodir," kata Syahro.

Kunjungan berikutnya untuk jamaah haji laki-laki yakni JKS-01, JKG-01, BTH-01 dan JKS -02. Jadwal kunjungan dimulai pukul 12.00-13.0 WAS. Sementara itu, untuk jemaah perempuan yakni JKS-01, JKG-02, BTH-01, JKG-01, JKS-02. Mereka akan mulai berkunjung ke Raudhah mulai jam 07.30-10.30 WAS.

Raudhah adalah bagian dari Masjid Nabawi di Madinah. Raudhah terletak antara rumah Nabi Muhammad yang kini menjadi makam Beliau, dengan mimbar tempat Rasulullah mengajar kepada para sahabat. Luas Raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 15 meter.

Rasulullah menyebut Raudhah sebagai taman surga. Bahkan kelak Raudhah akan diangkat atau dipindahkan Allah ke surga. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement