Ahad 21 May 2023 10:52 WIB

Doa yang Dibaca Setelah Sholat Sunnah Sebelum Berangkat Haji

Jamaah disarankan membaca doa sebelum berangkat haji.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Doa yang Dibaca Setelah Sholat Sunnah Sebelum Berangkat Haji. Foto:  Calon jamaah haji (Calhaj) berbelanja perlengkapan haji usai pelepasan dan bimbingan calhaj Kota Bandung tahun 2023, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Sabtu (20/5/2023). Kloter pertama calhaj asal Kota Bandung rencananya akan diberangkatkan pada 29 Mei 2023. Adapun kloter terakhir pada Juni 2023. Tahun ini Kota Bandung menyiapkan tiga titik pemberangkatan calhaj, yaitu di Markas Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, dan Kantor Kemenag Kota Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Doa yang Dibaca Setelah Sholat Sunnah Sebelum Berangkat Haji. Foto: Calon jamaah haji (Calhaj) berbelanja perlengkapan haji usai pelepasan dan bimbingan calhaj Kota Bandung tahun 2023, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Sabtu (20/5/2023). Kloter pertama calhaj asal Kota Bandung rencananya akan diberangkatkan pada 29 Mei 2023. Adapun kloter terakhir pada Juni 2023. Tahun ini Kota Bandung menyiapkan tiga titik pemberangkatan calhaj, yaitu di Markas Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, dan Kantor Kemenag Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ulama menyarankan, sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji, jamaah haji disunnahkan untuk sholat dua rakaat.

Sholat sunnah dua rakaat tersebut dengan ketentuan, pada rakaat pertama setelah membaca Surah al-Fatihah membaca Surah al-Kafirun. Pada rakaat kedua setelah membaca Surah al-Fatihah membaca Surah al-Ikhlas.

Baca Juga

Kemudian setelah selesai sholat dan mengucapkan salam. Selanjutnya membaca doa ini.

الحم ُدْ ْللِْ ْالَّ ِذيْ ْهدانِيْ ْ ِبالإِسلا ِم1ْ ْوْأرشدنِي

إْل ّٰىْ ْأدا ِءْ ْمنا ِس ِكيْ ْحا ًّجا ْببيتِ ِهْ ْو ُمعت ِم ًّرا

ِبمشا ِعْر ِهْْالل ُه َّمْْصلْْعلىْال َّن ِبيْْالأميْْوعل ّٰى

ّٰالِ ِهْ ْوأصحا ِب ِهْ ْأجم ِعينْ. ْال ّٰل ُه َّمْ ْ ِْبكْ ْانتشر ُتْ ْو

إِليكْْتو َّجه ّٰ ُتْْو ِبكْْاعتصم ُت،ْالّْٰل ُه َّمْْانتْْثِقتِي

ورجائِى،ْالل ُه َّمْْفاكفِنِيْْماه َّمنِيْْوماْلاأهتمْْل

ال ّٰل ُه َّمْ ْزودنِي ْال َّتقوى، ْواغفِرْ ْلِيْ ْذن ِبي

ووجهنِىْلِلخي ِرْْأينماْتو َّجه ُتْ

Artinya, "Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumah-Nya dan mengerjakan umroh di tempat lambang-lambang (masya’ir) keagungan-Nya."

"Ya Allah, berilah sholawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, bersama-Mu aku bertebaran, kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh."

"Ya Allah, Engkau kepercayaanku dan harapanku, maka Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak aku perlukan."

"Ya Allah, bekalilah aku dengan takwa dan ampunilah dosaku serta hadapkanlah wajahku pada hal-hal yang baik kemanapun aku menghadapkan."

Sumber:

Doa dan Zikir Manasik Haji dan Umroh yang diterbitkan Kementerian Agama RI, 2020

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement